Jumat, 26 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

IKPM Gontor Cabang Sulselbar Peduli Korban Banjir Bandang Masamba

Tanggal:

Bagikan:

Sulawesi Selatan – Belum hilang ingatan masyarakat Sulawesi Selatan tentang longsor di Jeneponto, dan banjir di Kabupaten Bantaeng, kembali Allah menguji hamba-hamba-Nya dengan banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada 13 Juli 2020. Banjir bandang ini telah meluluhlantakkan hampir semua bangunan, harta benda, bahkan tak sedikit korban jiwa.

IKPM Gontor Cabang Sulselbar yang diketuai oleh Ustadz H. Mallingkai Ilyas hadir untuk membantu saudara-saudara yang terkena musibah dengan penggalangan dana dan pengantaran langsung bantuan logistik yang diperlukan ke area-area pengungsian yang tersebar di beberapa titik.

Jum’at (17/7), rombongan IKPM Gontor Cabang Sulselbar bersama dengan beberapa relawan berangkat menuju lokasi banjir. Pada tahap pertama pemberian bantuan ini, pihak IKPM beserta 10 organisasi/lembaga sosial masyarakat mengerahkan 2 mobil truk karena berfokus kepada pemberian logistik untuk kebutuhan harian, seperti :

1. Tenda/terpal 200 buah
2. Paket sembako (beras, indomie, telur, gula, minyak goreng, sarden dll)
3. Perlengkapan bayi (pakaian bayi, pampers, minyak telon, minyak angin, dll)
4. Keperluan lansia (popok dewasa)
5. Peralatan dapur (panci, timba, ember, alat masak, dll)
6. Makanan instan (indomie, biskuit, pop mie, dll)
7. Selimut
8. Air mineral
9. Pakaian layak pakai

Banjir dan longsor yang melanda kurang lebih 4 kecamatan, yakni Kec. Sabbang, Kec. Baebunta, Kec. Masamba, dan Kec. Malangke Barat ini menelan banyak korban jiwa. Oleh karenanya bantuan sekecil apapun yang dapat disalurkan bagi korban bencana akan memberikan dampak yang besar bagi mereka.

Senin (3/8), IKPM Sulselbar yang bekerjasama dengan 12 organisasi/lembaga masyarakat kembali mengadakan bantuan tahap kedua. Bantuan tahap kedua ini berfokus kepada 4 hal berikut:

1. Instalasi filter air bersih siap minum.
2. Trauma healing
3. Thibbun nabawi (pengobatan ala Nabi)
4. Bersih-bersih fasilitas umum (pesantren, sekolah, rumah ibadah, dll)

Total kebutuhan dana untuk tahap kedua ini: Rp. 131.250.000,- (seratus tiga puluh satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah)

Di akhir keterangan Ustadz H. Mallingkai Ilyas yang diterima PP IKPM, beliau menambahkan, “Dalam kegiatan ini, semua organisasi yang bergabung memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tidak ada perbedaan besar kecilnya donasi, yang kami bawa adalah misi kemanusiaan”. (Agung Wicaksono/Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FMA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.