Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

IKPM Gontor Cabang Sulselbar Peduli Korban Banjir Bandang Masamba

Tanggal:

Bagikan:

Sulawesi Selatan – Belum hilang ingatan masyarakat Sulawesi Selatan tentang longsor di Jeneponto, dan banjir di Kabupaten Bantaeng, kembali Allah menguji hamba-hamba-Nya dengan banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada 13 Juli 2020. Banjir bandang ini telah meluluhlantakkan hampir semua bangunan, harta benda, bahkan tak sedikit korban jiwa.

IKPM Gontor Cabang Sulselbar yang diketuai oleh Ustadz H. Mallingkai Ilyas hadir untuk membantu saudara-saudara yang terkena musibah dengan penggalangan dana dan pengantaran langsung bantuan logistik yang diperlukan ke area-area pengungsian yang tersebar di beberapa titik.

Jum’at (17/7), rombongan IKPM Gontor Cabang Sulselbar bersama dengan beberapa relawan berangkat menuju lokasi banjir. Pada tahap pertama pemberian bantuan ini, pihak IKPM beserta 10 organisasi/lembaga sosial masyarakat mengerahkan 2 mobil truk karena berfokus kepada pemberian logistik untuk kebutuhan harian, seperti :

1. Tenda/terpal 200 buah
2. Paket sembako (beras, indomie, telur, gula, minyak goreng, sarden dll)
3. Perlengkapan bayi (pakaian bayi, pampers, minyak telon, minyak angin, dll)
4. Keperluan lansia (popok dewasa)
5. Peralatan dapur (panci, timba, ember, alat masak, dll)
6. Makanan instan (indomie, biskuit, pop mie, dll)
7. Selimut
8. Air mineral
9. Pakaian layak pakai

Banjir dan longsor yang melanda kurang lebih 4 kecamatan, yakni Kec. Sabbang, Kec. Baebunta, Kec. Masamba, dan Kec. Malangke Barat ini menelan banyak korban jiwa. Oleh karenanya bantuan sekecil apapun yang dapat disalurkan bagi korban bencana akan memberikan dampak yang besar bagi mereka.

Senin (3/8), IKPM Sulselbar yang bekerjasama dengan 12 organisasi/lembaga masyarakat kembali mengadakan bantuan tahap kedua. Bantuan tahap kedua ini berfokus kepada 4 hal berikut:

1. Instalasi filter air bersih siap minum.
2. Trauma healing
3. Thibbun nabawi (pengobatan ala Nabi)
4. Bersih-bersih fasilitas umum (pesantren, sekolah, rumah ibadah, dll)

Total kebutuhan dana untuk tahap kedua ini: Rp. 131.250.000,- (seratus tiga puluh satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah)

Di akhir keterangan Ustadz H. Mallingkai Ilyas yang diterima PP IKPM, beliau menambahkan, “Dalam kegiatan ini, semua organisasi yang bergabung memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tidak ada perbedaan besar kecilnya donasi, yang kami bawa adalah misi kemanusiaan”. (Agung Wicaksono/Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.