Sabtu, 27 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Forum Komunikasi Ta’mir Masjid Darussalam (FKTMD) Harus Bisa Menghidupkan Masjid-Masjid Di Ponorogo

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – PP IKPM gelar rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Ta’mir Masjid Darussalam (FKTMD) beserta Pimpinan IKPM Gontor cabang Ponorogo di Gedung Kantor Wisma IKPM Gontor pada Ahad (12/12). Diadakannya acara ini selain bertujuan untuk peremajaan para pengurus FKTMD juga sekaligus penyerahan FKTMD dari PP IKPM Gontor ke IKPM cabang Ponorogo.

Dalam sambutannya, Ketua II PP IKPM Gontor Al-Ustadz H. Saepul Anwar, M.Pd., mengingatkan kepada segenap peserta rapat yang hadir bahwasannya IKPM merupakan kepanjangan tangan dari Pimpinan Pondok untuk mengawal para alumni dan masyarakat sekitar. Dahulu ketika masa awal Gontor berdiri, Trimurtilah yang langsung turun ke masyarakat sekitar untuk mengajari mengaji, mengajari tata cara beribadah, menghidupkan aktivitas masjid dan lain-lain. Namun seiring berjalannya waktu, Pimpinan Pondok memberikan tugas ini kepada IKPM agar melanjutkan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Lalu pada tahun 90-an lahirlah FKTMD sebagai kepanjangan tangan dari PP IKPM di bidang kemasyarakatan.

Sejak dahulu FKTMD ini berada di bawah instruksi dari PP IKPM Gontor, namun karena di Ponorogo ini juga memiliki cabang IKPM, maka PP IKPM menyerahkan wewenang tersebut kepada IKPM Gontor cabang Ponorogo dengan harapan kedepannya acara-acara yang diadakan bisa lebih efisien dan sekaligus dapat menjadi wadah dakwah para anggota IKPM Ponorogo.

Al-Ustadz H. Suwito Djemari, M.Pd.I., selaku Bagian Pendidikan & Dakwah PP IKPM dalam sambutannya mengutarakan rasa kesyukurannya atas terlaksananya acara ini, karena memang sudah sangat lama sekali forum ini tidak berkumpul lagi dikarenakan pandemi Covid-19. Beliau juga menjelaskan bahwasannya kegiatan FKTMD sejauh ini telah terlaksana dengan baik sekali, dan inilah yang membuktikan bahwa kegiatan ini sudah mapan. “Meskipun telah diserahkan dari PP IKPM ke PC IKPM Ponorogo, FKTMD tidak lantas hilang dari PP IKPM. Interaksi dan komunikasi semoga masih dapat terjalin dengan hangat dan erat” tutur beliau.

Biro Kemasyarakatan UNIDA Al-Ustadz Riza Ashari, turut mengingatkan bahwasannya selama kita menggerakkan masjid berarti kita juga menggerakkan rumah Allah SWT, karena masjid merupakan titik pusat suatu peradaban. Oleh karenanya kita harus selalu istiqomah dalam menjadi penggerak dan menggerakkan agama Islam. “Bersama membangun masyarakat yang bermutu dan berarti” motto inilah yang harus kita junjung dalam mengabdi kepada masyarakat. “ Program KKN juga seharusnya tidak hanya ke tempat-tempat yang dinilai pelosok saja, namun ke desa-desa yang membutuhkan juga” ucapnya.

Al-Ustadz Hariman Muttaqin sebagai Ketua IKPM Gontor cabang Ponorogo menyambut & menerima penyerahan FKTMD ini dengan senang hati, mengingat hal ini juga sudah sewajarnya menjadi tanggungjawab IKPM Ponorogo untuk memberikan kontribusi dalam berdakwah di masyarakat khususnya di daerah Ponorogo ini. “Kedepannya IKPM Ponorogo tidak akan hanya berdakwah di satu masjid saja, namun kami juga akan menyebar ke seluruh Ponorogo agar masyarakat bisa merasakan keberadaan alumni Gontor” tegas ustadz Hariman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FMA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.