Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Forum Komunikasi Ta’mir Masjid Darussalam (FKTMD) Harus Bisa Menghidupkan Masjid-Masjid Di Ponorogo

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – PP IKPM gelar rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Ta’mir Masjid Darussalam (FKTMD) beserta Pimpinan IKPM Gontor cabang Ponorogo di Gedung Kantor Wisma IKPM Gontor pada Ahad (12/12). Diadakannya acara ini selain bertujuan untuk peremajaan para pengurus FKTMD juga sekaligus penyerahan FKTMD dari PP IKPM Gontor ke IKPM cabang Ponorogo.

Dalam sambutannya, Ketua II PP IKPM Gontor Al-Ustadz H. Saepul Anwar, M.Pd., mengingatkan kepada segenap peserta rapat yang hadir bahwasannya IKPM merupakan kepanjangan tangan dari Pimpinan Pondok untuk mengawal para alumni dan masyarakat sekitar. Dahulu ketika masa awal Gontor berdiri, Trimurtilah yang langsung turun ke masyarakat sekitar untuk mengajari mengaji, mengajari tata cara beribadah, menghidupkan aktivitas masjid dan lain-lain. Namun seiring berjalannya waktu, Pimpinan Pondok memberikan tugas ini kepada IKPM agar melanjutkan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Lalu pada tahun 90-an lahirlah FKTMD sebagai kepanjangan tangan dari PP IKPM di bidang kemasyarakatan.

Sejak dahulu FKTMD ini berada di bawah instruksi dari PP IKPM Gontor, namun karena di Ponorogo ini juga memiliki cabang IKPM, maka PP IKPM menyerahkan wewenang tersebut kepada IKPM Gontor cabang Ponorogo dengan harapan kedepannya acara-acara yang diadakan bisa lebih efisien dan sekaligus dapat menjadi wadah dakwah para anggota IKPM Ponorogo.

Al-Ustadz H. Suwito Djemari, M.Pd.I., selaku Bagian Pendidikan & Dakwah PP IKPM dalam sambutannya mengutarakan rasa kesyukurannya atas terlaksananya acara ini, karena memang sudah sangat lama sekali forum ini tidak berkumpul lagi dikarenakan pandemi Covid-19. Beliau juga menjelaskan bahwasannya kegiatan FKTMD sejauh ini telah terlaksana dengan baik sekali, dan inilah yang membuktikan bahwa kegiatan ini sudah mapan. “Meskipun telah diserahkan dari PP IKPM ke PC IKPM Ponorogo, FKTMD tidak lantas hilang dari PP IKPM. Interaksi dan komunikasi semoga masih dapat terjalin dengan hangat dan erat” tutur beliau.

Biro Kemasyarakatan UNIDA Al-Ustadz Riza Ashari, turut mengingatkan bahwasannya selama kita menggerakkan masjid berarti kita juga menggerakkan rumah Allah SWT, karena masjid merupakan titik pusat suatu peradaban. Oleh karenanya kita harus selalu istiqomah dalam menjadi penggerak dan menggerakkan agama Islam. “Bersama membangun masyarakat yang bermutu dan berarti” motto inilah yang harus kita junjung dalam mengabdi kepada masyarakat. “ Program KKN juga seharusnya tidak hanya ke tempat-tempat yang dinilai pelosok saja, namun ke desa-desa yang membutuhkan juga” ucapnya.

Al-Ustadz Hariman Muttaqin sebagai Ketua IKPM Gontor cabang Ponorogo menyambut & menerima penyerahan FKTMD ini dengan senang hati, mengingat hal ini juga sudah sewajarnya menjadi tanggungjawab IKPM Ponorogo untuk memberikan kontribusi dalam berdakwah di masyarakat khususnya di daerah Ponorogo ini. “Kedepannya IKPM Ponorogo tidak akan hanya berdakwah di satu masjid saja, namun kami juga akan menyebar ke seluruh Ponorogo agar masyarakat bisa merasakan keberadaan alumni Gontor” tegas ustadz Hariman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.