Rabu, 19 Juni, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Masyarakat Ponorogo

Tanggal:

Bagikan:

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah PP IKPM Gontor berkolaborasi dengan PC IKPM Ponorogo, FKTMD dan Laziz ASFA telah sukses menyelenggarakan pelatihan fiqh jenazah. Acara yang bertempat di aula Kantor PP IKPM Gontor, Pondok Modern Darussalam Gontor, ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Ponorogo tentang tata cara pengurusan jenazah sesuai dengan ajaran Islam.

Islam mengajarkan bahwa kematian adalah suatu kepastian dan umatnya harus siap menghadapinya dengan pengetahuan yang memadai. Kegiatan pelatihan ini menjadi penting karena memberikan pemahaman tentang prosedur memandikan, mengkafani, menshalati, dan memakamkan jenazah. Tindakan tersebut termasuk dalam fardhu kifayah, yang berarti kewajiban kolektif umat Islam. Jika tidak ada yang melaksanakannya, maka seluruh komunitas akan berdosa.

Pelatihan ini didasari oleh firman Allah dalam Al-Quran, khususnya surat Ali Imran ayat 184-185, yang menekankan tanggung jawab setiap muslim dalam mengurus jenazah. Selain itu, hadis Rasulullah juga menggarisbawahi pentingnya memandikan dan mengkafani jenazah dengan cara yang benar.

Acara berlangsung selama satu hari dan dihadiri oleh ta’mir masjid se-Kabupaten Ponorogo. Peserta yang hadir sekitar 119 orang dari berbagai kecamatan seperti Mlarak, Siman, Jetis, dan lain-lain. Pendaftaran peserta dilakukan melalui undangan resmi kepada masjid-masjid tertentu berdasarkan musyawarah antara PP IKPM Gontor, PC IKPM Ponorogo, dan FKTMD.

Sambutan sekaligus Pembuka Pelatihan Fiqh Jenazah oleh Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd.
Sambutan oleh Al-Ustadz Drs. H. Win Suparni

Acara dibuka dengan sambutan dari Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd., Ketua Umum PP IKPM Gontor. Beliau menekankan pentingnya pendidikan dan tanggung jawab sosial dalam mengurus jenazah. Al-Ustadz Drs. H. Win Suparni, Ketua FKTMD, juga menyampaikan harapannya agar pelatihan ini bisa menjadi ajang berbagi pengalaman mengenai pengurusan jenazah.
Materi pelatihan disampaikan oleh Al-Ustadz Dr. H. Ahmad Suharto, S.Ag., M.Pd.I., yang memberikan penjelasan teoritis, dan Tim Rumah Sakit Yasyfin Pondok Modern Darussalam Gontor yang memandu sesi praktis tentang tata cara pengurusan jenazah.

Pemaparan Materi Fiqh Jenazah oleh Al-Ustadz Dr. H. Ahmad Suharto, S.Ag., M.Pd.I.
Praktik Pengurusan Jenazah oleh Tim Rumah Sakit Yasyfin Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelatihan Fiqh Jenazah ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus masjid di Ponorogo, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kebersamaan dan tanggung jawab sosial dalam menjalankan fardhu kifayah. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan kewajiban pengurusan jenazah dengan baik sesuai syariat Islam, sehingga kewajiban agama dan sosial dapat terpenuhi secara optimal.

Reporter: Aryyo Widagdho & Kevin Fadhli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan Peran Strategis Masjid di Ponorogo

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan ibadah qurban, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (PP IKPM) bekerja...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.