Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sinergi Kebaikan, Ibunda IKPM Gresik Salurkan Infaq Bulanan

Tanggal:

Bagikan:

Lamongan — Seusai Shalat Jum’at (12/2/2021), pelaksana program IBUNDA (Infaq Bulanan untuk Dhuafa) IKPM Gontor Cabang Gresik mulai menyiapkan kegiatan penyaluran santunan untuk anak yatim di Masjid Jami’ Baitul Makmur Desa Wedoro Kec. Glagah, Lamongan.

Bekerja sama dengan takmir masjid, panitia pelaksana program mengadakan pelatihan singkat membaca surat Al-Fatihah untuk para anak yatim. Hal ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan anak yatim dalam membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek.

Pukul satu siang tepat, kurang lebih 36 anak yatim dari desa Wedoro dan sekitarnya telah hadir. Kegiatan dimulai oleh Ustadz Noval sebagai pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua program IBUNDA IKPM Gresik yakni Ustadz Farid Nurul Iman.

Dengan semangat Ustadz Farid memberi sambutan singkat namun penuh makna. Menjelaskan tujuan program dan motivasi untuk anak yatim. Sambutan berikutnya dari takmir masjid yang diwakili oleh Ustadz Sirojuddin Rohim.

Di tengah acara, untuk mengetahui kemampuan baca Al-Quran anak yatim, Ustadz Noval mengadakan kuis interaktif dengan menguji beberapa anak yatim untuk membaca/menghafal surat Al-Fatihah dan beberapa surat pendek. Syukur alhamdulillah, bacaan surah Al-Fatihah anak-anak yatim ini bagus.

Di akhir kegiatan, ketua Program IBUNDA IKPM Gresik menyerahkan Al-Quran wakaf dari Yayasan Dana Sosial Al-Falah untuk Masjid Jami’ Baitul Makmur Desa Wedoro Glagah Lamongan yang diterima langsung oleh takmir masjid.

Program ini merupakan rentetan program penyaluran IBUNDA IKPM Gresik bulan Februari yang pada hari Senin sebelumnya telah mengadakan kegiatan serupa di Desa Gumeno Kec. Manyar Gresik. Dengan demikian, pada bulan Februari 2021 ini telah terlaksana dua kegiatan penyaluran disertai pelatihan singkat.

Kegiatan ini terlaksana berkat donasi infaq keluarga IKPM Gresik selama bulan Februari senilai Rp. 6.693.000,- besinergi dengan Yayasan Dana Sosial Al Falah Cabang Gresik. Dari jumlah dana terkumpul dirupakan sebanyak kurang lebih 109 paket santunan dengan rincian penerima:

1. Gumeno 30 paket
2. Glagah 36 paket
3. Giri 10 paket
4. Kartini 17 paket
5. Ujung Pangkah 7 paket
6. Kawisanyar 9 paket

Selain sebagai wadah berbagi rezeki, program ini bertujuan untuk mempererat ukhuwah warga IKPM Gresik lintas generasi. Semoga program kegiatan seperti ini bisa terus istiqamah dan amanah serta memberi manfaat dan berkah, baik untuk penerima santunan maupun para donatur program. (Fadhlan/www.ikpmgresik.org)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.