Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Tanamkan Kaderisasi, IKPM Turki Adakan Pelantikan Pengurus Baru

Tanggal:

Bagikan:

Istanbul — “Patah tumbuh, hilang berganti. Sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti” begitulah nilai yang diajarkan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor dalam hal kaderisasi.

Pergantian kepengurusan akan terus berjalan seiring habisnya masa jabatan kepengurusan sebelumnya. Kegiatan inilah yang sekarang dilakukan oleh IKPM Gontor Cabang Turki walaupun via online. Meskipun pandemi Covid-19 masih merajalela di seluruh dunia, hal ini tidak menyurutkan semangat alumni Gontor di Turki untuk menjalankan nilai-nilai yang sudah tertanam di dalam diri mereka.

IKPM Turki melaksanakan pelantikan kepengurusan baru ini pada hari Sabtu (20/2/2021) yang dipusatkan di Kota Istanbul, Turki. Sedangkan anggota lain yang berada di luar Kota Istanbul, seperti Ankara, Izmir, Bandirma dan lain-lain, mengikuti kegiatan ini secara online.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum PP IKPM Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Presetyo, Ustadz H. M. Badrun Syahir, dan Ustadz H. Saepul Anwar mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir.

Tepat pada hari Sabtu (6/2/2021) yang lalu, IKPM Turki telah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) IKPM Turki yang juga via online. Semua anggota IKPM Turki berstatus pelajar, oleh karenanya masa jabatan pengurus IKPM Turki hanya satu tahun, kemudian langsung diadakan muscab untuk memilih ketua IKPM yang baru pada tahun berikutnya.

Kepengurusan sebelumnya diemban oleh Ustadz Bagus Laksono (alumni 2013), kemudian setelah diadakan Muscab pada 6 Fabruari kemarin terpilihlah ketua yang baru yaitu Ustadz Fathur Rizki (alumni 2017).

Anggota IKPM Turki sekarang berjumlah 217 orang dengan laki-laki berjumlah 148 orang dan wanita berjumlah 69 orang. Sedangkan dari segi jenjang pendidikan, S1 sebanyak 83 orang, S2 sebanyak 30 orang dan S3 sebanyak 4 orang.

Dalam sambutannya, Ustadz Ismail Abdullah menekankan pentingnya nilai amanah dalam kepengurusan baru.

“Ini semua merupakan sebuah amanah, bukan jabatan. Amanah yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban baik di dunia maupun di akhirat,” tuturnya.

Beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh pelajar Turki untuk mengkaji peradaban Khilafah Turki Utsmani.

“Turki adalah kekhalifahan terakhir dalam Islam dan memiliki wilayah kekuasaan yang begitu luas. Kira-kira apa rahasia umat Islam di Turki pada zaman itu? Maka kalian sebagai pelajar Turki, carilah rahasia itu dan bawa itu ke Indonesia untuk membangkitkan umat Islam yang ada di Indonesia,” jelas beliau.

Di akhir acara, Ustadz M. Badrun menyampaikan pesannya kepada segenap pelajar IKPM Turki agar terus semangat dalam menuntut ilmu di Negeri Dua Benua tersebut dan beliau berharap semoga semua alumni Gontor yang sedang belajar di Turki mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.