Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Halal Bihalal IKPM Gontor se-Tangerang Dihadiri Dr. Hidayat Nur Wahid

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, TANGERANG — IKPM Gontor se-Tangerang mengadakan acara Silaturrahim dan Halal Bihalal Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor se-Tangerang di area Taman Wisata Situ Gintung, Tangerang Selatan (15/7) sebagaimana dilansir oleh Tempo.co. Acara ini dihadiri pimpinan dan ratusan anggota IKPM Gontor se-Tangerang dan Wakil Ketua MPR, Dr. Hidayat Nur Wahid (HNW), sebagai tamu alumni kehormatan.

HNW mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan IKPM se-Tangerang ini. “Silaturrahim adalah kegiatan yang baik, bahkan Islam menekankan betapa pentingnya silaturrahim. Kegiatan ini saya apresiasi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, HNW juga menekankan nilai-nilai pendidikan di Gontor, di antaranya tentang nilai “di atas dan untuk semua golongan”. Dalam konteks kebangsaan, ajaran ini sangat penting guna merekatkan persatuan umat dan bangsa.

Selain itu, lanjutnya, Gontor juga mengajarkan para santri untuk menghormati ibunya. Di Gontor sosok ibu memiliki tiga dimensi; yaitu para santri harus berbakti kepada ibu biologisnya, ibu pendidikannya (pondok) dan ibu kebangsaannya (tanah air).

Di akhir sambutannya, HNW mensyukuri bahwa kiprah alumni Gontor dalam hal berbakti kepada ibu tanah airnya bisa dibilang cukup luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari peran serta para alumninya dalam bidang pemerintahan, pendidikan, sosial, dan keagamaan. “Di Gontor ada tiga sosok ibu yang sangat dihormati, yakni Ibuku ibu Gontor. Hal ini tercermin dalam penutup lagu Hymne Gontor, lalu Ibuku secara biologis dan Ibuku Indonesia,” katanya.

Sumber: Tempo co
Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.