Rabu, 1 Mei, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Pelantikan Pengurus FPAG (Forum Pesantren Alumni Gontor) Masa Bakti 2020-2025 dan Sarasehan antar Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor Se-Indonesia di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – Pengurus Baru FPAG (Forum Pesantren Alumni Gontor) periode 2020-2025 dilantik pada Hari Sabtu Malam, 4 Maret 2023 yang bertempat di Wisma Darussalam Pondok Modern Darussalam Gontor, dalam acara pelantikan ini dapat berkenan untuk hadir Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal, dan Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Badan Wakaf PMDG Prof. Dr. K.H. Dien Syamsuddin, M.A., Drs. K.H. M. Dawam Saleh, K.H. M. Nasir Zein, M.A., Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Lc., M.A., Direktur KMI KH. Masyhudi Subari, M.A., Ketua Yayasan Gontor K.H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag., Ketua Umum PP IKPM, H. Noor Syahid, M.Pd. serta segenap Pengurus PP IKPM Gontor, dan para Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor se-Indonesia.

Acara ini diadakan guna melengkapi susunan pengurus FPAG dan juga mengikuti sunnah Gontor yaitu “Patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti”,

Sambutan yang pertama disampaikan oleh KH. Dr. L. Zulkifli Muhadli, B.A., S.H., M.M., selaku Ketua Baru FPAG. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwasanya “pada tahun 1995 dibentuklah secara resmi Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Alumni yang mana ketuanya pada saat itu adalah saya sendiri”. “Kami selaku FPAG ingin melakukan transpormasi nilai ke pondok-pondok pesantren alumni” ucap beliau, beliau juga menuturkan bahwa sampai saat ini jumlah pondok pesantren yang ada dalam daftar FPAG berjumlah 410 Pesantren dan misi FPAG saat ini adalah ingin mewujudkan 100 Pondok Pesantren di Indonesia, karena Negara Indonesia ini membutuhkan lebih banyak Gontor lagi di Indonesia agar dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat kelak. Dan banyak tokoh-tokoh yang berpengaruh di Indonesia yang berasal dari Gontor, di akhir sambutannya beliau meminta arahan jikalau ada kekurangan dan juga kesalahan pada FPAG.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Umum PP IKPM H.Noor Syahid, M.Pd, dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang dari para panitia kepada hadirin yang datang dan juga menghimbau hadirin agar dapat belajar 5W+1H dari bersyukur, karena jika kita benar-benar mempelajarinya Insya Allah nikmat kita akan ditambah. Beliau menyampaikan kata-kata yang dipesankan oleh bapak pimpinan terkait dengan acara FPAG ini ” Teliti sampai yang sekecil-kecilnya. Jangan sampai mengewecakan”. Karena kewajiban daripada tuan rumah adalah memuliakan tamunya, diakhir sambutannya beliau memaparkan data-data tentang IKPM yang menunjukkan bahwasanya IKPM itu Kuat, Besar, dan Kaya.

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal dalam pesan dan nasehatnya menyampaikan bahwasanya “kepengurusan FPAG ini dimulai dengan syahadat, karena kita ini benar-benar bersaksi” ucap beliau, rasa syukur juga harus ditingkatkan sampai ke derajat why dan what for, mengapa harus mencapai derajat yang demikian, karena jawabannya adalah “karena” bukan “untuk”, beliau juga menanyakan kepada para pengurus FPAG “Ke Gontor Apa yang kau cari?”, “Di Gontor apa yang kau dapat?”, “Keluar dari Gontor Apa yang kau beri?”. Pondok Modern Darussalam Gontor itu pada dasarnya lembaga pendidikan, dan diakhir pesan dan nasehatnya beliau menyampaikan “Dari Gontor kita mengajar dunia, ini tanda diri berjiwa besar, bukan besar mulut, besar kepala”.

Selanjutnya Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. dalam pesan dan nasehatnya menyampaikan tentang Muallimin, sistem pendidikan muallimin itu memadukan antara pelajaran umum dan pelajaran agama, memadukan intra, ekstra, serta ko-kurikuler. Dan kita juga sudah berusaha memaksimal mungkin, seperti semboyan Gontor yaitu “ادخلوا في كونتور كافّة”, diakhir kesempatan beliau menjelaskan bahwasanya ada 4 Pilar pesantren yaitu: Kyai, Santri, Pelajaran, dan Kehidupan”

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan berkumpulnya Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor yang ada di seluruh Indonesia di Pondok Modern Darussalam Gontor untuk menghadiri acara Sarasehan antar Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor Se-Indonesia yang bertempat di Wisma Darussalam. Pada hari Ahad Pagi, 5 Maret 2023.

Zidan Fadlullah, Staf PP IKPM Gontor Bidang Informasi dan Publikasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FMA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.