Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pelantikan Pengurus FPAG (Forum Pesantren Alumni Gontor) Masa Bakti 2020-2025 dan Sarasehan antar Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor Se-Indonesia di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – Pengurus Baru FPAG (Forum Pesantren Alumni Gontor) periode 2020-2025 dilantik pada Hari Sabtu Malam, 4 Maret 2023 yang bertempat di Wisma Darussalam Pondok Modern Darussalam Gontor, dalam acara pelantikan ini dapat berkenan untuk hadir Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal, dan Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Badan Wakaf PMDG Prof. Dr. K.H. Dien Syamsuddin, M.A., Drs. K.H. M. Dawam Saleh, K.H. M. Nasir Zein, M.A., Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Lc., M.A., Direktur KMI KH. Masyhudi Subari, M.A., Ketua Yayasan Gontor K.H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag., Ketua Umum PP IKPM, H. Noor Syahid, M.Pd. serta segenap Pengurus PP IKPM Gontor, dan para Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor se-Indonesia.

Acara ini diadakan guna melengkapi susunan pengurus FPAG dan juga mengikuti sunnah Gontor yaitu “Patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti”,

Sambutan yang pertama disampaikan oleh KH. Dr. L. Zulkifli Muhadli, B.A., S.H., M.M., selaku Ketua Baru FPAG. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwasanya “pada tahun 1995 dibentuklah secara resmi Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Alumni yang mana ketuanya pada saat itu adalah saya sendiri”. “Kami selaku FPAG ingin melakukan transpormasi nilai ke pondok-pondok pesantren alumni” ucap beliau, beliau juga menuturkan bahwa sampai saat ini jumlah pondok pesantren yang ada dalam daftar FPAG berjumlah 410 Pesantren dan misi FPAG saat ini adalah ingin mewujudkan 100 Pondok Pesantren di Indonesia, karena Negara Indonesia ini membutuhkan lebih banyak Gontor lagi di Indonesia agar dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat kelak. Dan banyak tokoh-tokoh yang berpengaruh di Indonesia yang berasal dari Gontor, di akhir sambutannya beliau meminta arahan jikalau ada kekurangan dan juga kesalahan pada FPAG.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Umum PP IKPM H.Noor Syahid, M.Pd, dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang dari para panitia kepada hadirin yang datang dan juga menghimbau hadirin agar dapat belajar 5W+1H dari bersyukur, karena jika kita benar-benar mempelajarinya Insya Allah nikmat kita akan ditambah. Beliau menyampaikan kata-kata yang dipesankan oleh bapak pimpinan terkait dengan acara FPAG ini ” Teliti sampai yang sekecil-kecilnya. Jangan sampai mengewecakan”. Karena kewajiban daripada tuan rumah adalah memuliakan tamunya, diakhir sambutannya beliau memaparkan data-data tentang IKPM yang menunjukkan bahwasanya IKPM itu Kuat, Besar, dan Kaya.

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal dalam pesan dan nasehatnya menyampaikan bahwasanya “kepengurusan FPAG ini dimulai dengan syahadat, karena kita ini benar-benar bersaksi” ucap beliau, rasa syukur juga harus ditingkatkan sampai ke derajat why dan what for, mengapa harus mencapai derajat yang demikian, karena jawabannya adalah “karena” bukan “untuk”, beliau juga menanyakan kepada para pengurus FPAG “Ke Gontor Apa yang kau cari?”, “Di Gontor apa yang kau dapat?”, “Keluar dari Gontor Apa yang kau beri?”. Pondok Modern Darussalam Gontor itu pada dasarnya lembaga pendidikan, dan diakhir pesan dan nasehatnya beliau menyampaikan “Dari Gontor kita mengajar dunia, ini tanda diri berjiwa besar, bukan besar mulut, besar kepala”.

Selanjutnya Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. dalam pesan dan nasehatnya menyampaikan tentang Muallimin, sistem pendidikan muallimin itu memadukan antara pelajaran umum dan pelajaran agama, memadukan intra, ekstra, serta ko-kurikuler. Dan kita juga sudah berusaha memaksimal mungkin, seperti semboyan Gontor yaitu “ادخلوا في كونتور كافّة”, diakhir kesempatan beliau menjelaskan bahwasanya ada 4 Pilar pesantren yaitu: Kyai, Santri, Pelajaran, dan Kehidupan”

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan berkumpulnya Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor yang ada di seluruh Indonesia di Pondok Modern Darussalam Gontor untuk menghadiri acara Sarasehan antar Pengasuh Pondok Pesantren Alumni Gontor Se-Indonesia yang bertempat di Wisma Darussalam. Pada hari Ahad Pagi, 5 Maret 2023.

Zidan Fadlullah, Staf PP IKPM Gontor Bidang Informasi dan Publikasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.