Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pengurus Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) Periode 2020-2025 Resmi Dilantik

Tanggal:

Bagikan:


Gontor – Menjelang perayaan kesyukuran satu abad usianya, Pondok Modern Gontor memperkokoh barisan. Tak kurang 150an kiai pesantren yang diasuh alumni Gontor berkumpul di almamater tercinta untuk menghadiri pelantikan Pengurus Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) dan rapat kerja nasionalnya.


Kedua acara berlangsung Sabtu, 4 Maret 2023. Rakernas FPAG dihelat siang hari di Aula Universitas Darussalam (Unida) Gontor, sementara pelantikan pengurus diadakan malam harinya di Auditorium Wisma Darussalam Pondok Modern Gontor. Tampak hadir Pimpinan dan Pengasuh PM Gontor, para anggota Badan Wakaf, serta jajaran pengurus PP IKPM Pusat.

Di acara pelantikan, Dr. KH. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M, dikukuhkan kembali jadi Ketua Umum FPAG, jabatan yang sudah diembannya sejak 1995. Sementara KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph. D dan KH. Adrian Mafatihullah Karim, M.A ditunkul masing-masing sebagai Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum.

Dalam sambutannya, KH Zulkifli Muhadli yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang menegaskan bahwa seluruh pengasuh alumni siap mentransformasikan nilai-nilai Gontor di pesantren masing-masing. Itulah salah satu tugas pesantren alumni, dengan selalu mengacukan nilai-nilainya ke Gontor.

Dia menuturkan, embrio FPAG bermula dalam bentuk temu-temu silaturahim pengasuh pesantren alumni, lalu dilembagakan pada tahun 1995 sebagai Forum Silaturahim Pesantren Alumni. Terakhir pada 2012, namanya diubah menjadi Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG).

Pada 2019, pengurus menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta menentukan struktur pengurus baru periode 2020-2025 yang hari ini dikukuhkan. Sedianya pelantikan akan dilakukan pada 2020, namun karena pandemi Covid-19, pelantikan itu baru bisa dilakukan sekarang.

Menurut data yang ada sekarang, terdaftar sebanyak 420 pondok alumni Gontor dari sekitar 1100an pesantren. Diharapkan, pada satu Abad Gontor 2026 nanti, terdapat seribu anggota FPAG yang selesai pendataannya, yang terdiri dari pesantren alumni Gontor secara langsung dan pesantren yang didirikan oleh alumni dari pesantren alumni Gontor.

Ketua Umum juga merinci 15 program yang telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir. Di antaranya, pendataan pesantren alumni, program pemberian beasiswa bagi kader pondok, program digitalisasi pesantren dan transaksi tanpa uang tunai (cashless) dan program pendampingan pengelolaan ziswaf, benchmarking dengan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri, daurah-daurah bahasa Arab, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor, KH. Noor Syahid, M.Pd. mengatakan, peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 152 orang dari 98 pesantren.

Selain itu, ungkapnya, terdapat 127 cabang IKPM, di antaranya delapan cabang berada di luar negeri. Kiai Noor mengharapkan adanya pendataan dan pengelolaan administrasi yang baik pada setiap cabang IKPM. Juga, adanya kerjasama individual maupun institusional diantara anggota IKPM.

Dalam sambutannya usai pelantikan tadi, Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal memberikan pesan agar para pengurus FPAG memahami berbagai filosofi Gontor. Pemahaman ini tidak hanya terbatas pada apanya, tapi juga pertanyaan mengapa.

Kyai Hasan memberi contoh pertanyaan “Mengapa kamu pergi ke Gontor?” Jangan hanya kita sebatas bertanya, “Ke Gontor apa yang Kau Cari?”, “Di Gontor apa yang kau dapat?”, atau “Keluar Gontor apa yang kau berikan?”

Untuk membesarkan semangat, dia mengutip pendapat pendiri Pondok Modern Gontor, KH Ahmad Sahal, yang sering berkata: “Dari Gontor kita ajar dunia.” Padahal waktu itu santri Gontor baru puluhan. “Itulah jiwa besar, hati yang besar.”

Kiai Hasan juga menyinggung adanya tiga unsur yang berhasil dirusak oleh gerakan zionisme: pemuda, wanita, dan media massa. Komunitas pondok pesantren face to face menghadapi zionisme ini.

Dalam kesempatan sama, pimpinan Pondok Modern, Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi menegaskan agar para pengasuh pesantren anggota FPAG ini bersikap total dengan Gontor, “Udkhulu fi Gontor kaffah.”

“Ikutilah sistem Gontor ini dengan segala ruku’ dan sujudnya. Ikutilah Gontor dengan semua sistemnya,” tegasnya.

Acara pelantikan pengurus FPAG periode 2020-2025 akhirnya ditutup dengan doa oleh KH. Muhammas Nasir Zein, Lc., M.A.

Gontor, 4 Maret 2023.

Bidang Literasi dan Publikasi Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG)

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mohon diberikan informasi untuk pengurusan surat keterangan keanggotaan FPAG, untuk kepentingan pendaftaran beasiswa CEO santri 2024.
    Anak saya lulusan Ponpes Al Amin Prenduan Sumenep tahun 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.