Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Wisuda Tahfidz Balita Markaz Al-Firdaus: Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini

Tanggal:

Bagikan:

Sidoarjo, 23 Juli 2023 – Pada hari Ahad, 23 Juli 2023, telah dilaksanakan acara wisuda tahfidz balita di Markaz Al-Firdaus, yang berlokasi di Perumahan Taman Candiloka, Sidoarjo. Acara yang bertujuan untuk mewisuda para santri Markaz Tahfidz Balita Al-Firdaus yang telah berhasil menyelesaikan hafalannya hingga 30 Juz al-Qur’an ini, juga sekaligus untuk peresmian gedung baru.

Markaz Tahfidz Balita Al-Firdaus, sebuah lembaga belajar dan menghafal al-Qur’an bagi anak-anak usia dini, menggunakan metode pembelajaran Tabarak secara audiovisual yang terdiri dari tujuh level. Pembelajaran dilakukan secara klasikal dan offline, dengan tujuan untuk mengajarkan anak-anak sejak dini untuk mencintai dan menghafal al-Qur’an. Hingga saat ini, sebanyak 19 anak santri telah berhasil menyelesaikan hafalan 30 Juz al-Qur’an, sementara santri lainnya juga telah mencapai target hafalan sesuai levelnya.

Kegiatan tahfidz balita semakin berkembang di Indonesia, termasuk di wilayah Sidoarjo. Hal ini dipicu oleh Kesadaran orang tua akan pentingnya menghafal al-Qur’an sejak usia dini yang semakin meningkat. Niat tulus dan semangat tinggi dari orang tua dan anak-anaknya perlu didukung dengan adanya acara wisuda tahfidz seperti ini. Acara inipun juga dimeriahkan dengan tausiyah dan motivasi bagi para santri untuk terus semangat dalam menghafal al-Qur’an. Adapun yang menghadiri ialah segenap santri yang didampingi oleh wali santri masing-masing, serta majelis-majelis taklim dan masyarakat umum dalam kompleks perumahan Taman Candiloka. Kapasitas target peserta mencapai sekitar 300 orang, menandakan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini.

Pada kesempatan ini, Al-Ustadz Noor Syahid, M.Pd, Ketua Umum PP IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern) Gontor, hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut. Beliau memberikan tausiyah dan motivasi kepada para santri serta mengingatkan pentingnya menghafal al-Qur’an sebagai bekal di masa depan. Beliau juga turut mendoakan kesuksesan pembangunan gedung baru Markaz Al-Firdaus yang akan menjadi sarana pembelajaran tahfidz al-Qur’an yang ideal.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Markaz Al-Firdaus juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara wisuda tahfidz balita ini. Semoga dengan semakin banyaknya anak-anak yang menghafal al-Qur’an sejak usia dini, negeri ini akan semakin diberkahi dan generasi mendatang akan menjadi pewaris agama yang kokoh.

Acara wisuda tahfidz balita ini menjadi momen berharga bagi semua pihak yang terlibat dan diharapkan akan terus menjadi langkah awal bagi anak-anak untuk mencintai dan menghafal al-Qur’an sejak usia dini, sebagaimana sabda Nabi SAW: “Barangsiapa yang mempelajari al-Qur’an ketika usia dini niscaya Allah akan mencampurkan al-Qur’an itu dalam daging dan darahnya” (HR Bukhari).

Penulis: Aryyo Widagdho

Reviewer: Kurnia Rahman Abadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.