Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

IKPM Sidoarjo Adakan GATCHA “Gathering Angkatan Muda Pasca Alumni”

Tanggal:

Bagikan:

IKPM SIDOARJO – Pemuda itu bukan banyak BAPERAN, tapi banyak BERPERAN. Ungkapan tersebut rasanya sangat sesuai dengan peran pemuda ditengah masyarakat luas saat ini. Pasalnya, Alumni Gontor diharuskan untuk terus bisa bergerak, berperan, dan berdakwah menciptakan sebuah karya yang bermanfaat ditengah masyarakat.

Dalam rangka peningkatan kaderisasi dakwah, Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Sidoarjo selaku wadah yang memfasilitasi para alumninya, baru-baru ini mengadakan acara yaitu GATCHA ‘’Gathering Angkatan Muda Pasca Alumni.” Acara Angkatan Muda ini bukan yang pertama kalinya, tetapi ini adalah acara Angkatan Muda jilid 2 yang diselenggarakan oleh IKPM Sidoarjo.

Tujuan utama diadakannya acara Gathering Angkatan Muda Jilid 2 ini adalah meningkatkan kualitas diri para alumni Gontor IKPM Sidoarjo dan memperdalam kemampuan skill yang dimiliki oleh para alumni. Selain itu, acara tersebut diharapkan juga menjadi ajang silaturrahim, serta dakwah, dan syi’ar sehingga terjalin komunikasi yang lebih intensif sesama alumni Gontor IKPM Sidoarjo dalam menjalin relasi dakwah dan kinerja yang baik.

Acara Gathering Angkatan Muda ini berlangsung pada hari Sabtu (7/01/2022) – Ahad (8/01/2022), di Villa EMAK, Trawas, Mojokerto. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 40 alumni Gontor lintas angkatan. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua IKPM Sidoarjo Al-Ustadz Eko Asmanto, MA, M.Phil dan wakil ketua IKPM Sidoarjo Al-Ustadz Ilman Aji, S. Pd.I, beserta para masyayikh.

Ustadz Ilman Aji Ibrahim, S.Pd.I. saat membuka acara

Acara Gathering Angkatan Muda ini dibuka langsung oleh Al-Ustadz Ilman Aji, selaku Wakil Ketua IKPM Sidoarjo. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan tentang pentingnya peran alumni dalam berkiprah dan berdakwah ditengah masyarakat luas. ‘’Hidup itu harus memiliki target dan impian. Dalam menggapai target dan impian harus ada namanya kesungguhan dan kerja keras didalamnya, karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil.” Ujar beliau dalam sambutannya. ’’Harapan besar dari kegiatan ini, agar seluruh alumni Gontor yang ada di Sidoarjo mampu memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat, serta menjadi perekat umat untuk sekitarnya.” Imbuh beliau.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang diikuti para alumni Angkatan Muda dalam acara Gathering ini, mulai dari pembukaan, penyampaian beberapa materi seperti: content creator dan career seeker, outbond, hingga rangkaian akhir yaitu penutupan. Para alumni Angkatan Muda tampak antusias dan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

• Digital Learning
Di era zaman yang melaju pesat saat ini, mudah sekali ditemukan berbagai jenis konten yang bisa diakses setiap waktunya. Kita bisa berselancar mengakses berbagai macam jenis informasi yang dibutuhkan. Namun perlu disadari, kita juga harus cakap dalam menggunakannya. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang ada, maka saat ini khususnya kaum muda dituntut untuk bisa mengembangkan ide-ide unik dan skill yang dimiliki.

Pak Alfian menyampaikan materi content creator sebagai bekal menghadapi tantangan dunia digital

• Jangan Mencari Kerja
Di zaman modern seperti saat ini, sudah banyak kita temui orang-orang pintar, lulusan-lulusan dari berbagai universitas terbaik, maka semakin ketat pula persaingan yang harus kita hadapi.
Maka untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri, seringkali kita dituntut untuk bisa terus berproses dengan berbagai macam keadaan yang ada. Terkadang kita dibentuk, dibentur, dan ditempa dalam bebagai problem yang didapat.

Ustadz Andrian Wicaksono, S.E. menyampaikan wawasan pengembangan karir dan personal branding

Dalam materi ini Al-Ustadz Andrian Wicaksono, S.E selaku pemateri caarer seeker menyampaikan bahwasanya “PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK, Belajar dari pengalaman banyak orang adalah guru terbaik dan tercepat menuju tujuan.”

Ustadz Rozaq Akbar, S. Fil. I. Pasca menyampaikan materi career seeker tentang pentingnya jaringan kerja dan memanfaatkannya

Al-Ustadz Rozaq Akbar, S.Fil.I pun menambahkan beberapa motivasi untuk membakar semangat para alumni Angkatan Muda, beliau perpesan “Bahwa dimanapun kita ditempatkan, maka jalankan sepenuh hati dan hadirkan keikhlasan didalamnya, karena kita tidak tau jalan kemudahan apa yang akan kita dapat kedepannya,” Ujar beliau.

Saat ini kita harus bisa menjadi orang yang skill full, mempunyai personal branding melalui networking. Hard skill dan soft skill harus bisa kita kuasai, maka dengan begitu kita akan lebih mudah menciptakan lapangan kerja, baik untuk diri sendiri ataupun untuk lingkungan sekitar. Sehingga dengan dua kemampuan tersebut pekerjaanlah yang akan mencari anda.
Alumni Angkatan Muda sangat antusias menyimak dua materi yang disampaikan ini untuk bekal mereka kedepannya.

• Ber-IKPM dengan gembira
Perjalanan mensyi’arkan dakwah ditengah umat, maka para alumni angkatan muda diberikan wadah untuk saling mengenal dan memahami teman-teman dakwahnya melalui kegiatan outbond yang dikemas secara menyenangkan dan mengesankan. Disini tidak hanya sekedar games yang diberikan tetapi ada filosofi yang ditanamkan dalam setiap permaian yang ada. Dalam setiap games, peserta dihadapkan oleh beberapa problem yang harus bisa dipecahkan secara bersama dan kekeluargaan dengan tim yang mereka miliki. Outbond ini dirangkai untuk meningkatkan kekompakan, kerjasama, dan komunikasi yang baik antar individu maupun tim.

Selepas mengikuti semua rangkaian kegiatan, semua alumni Angkatan muda tampak senang walau cukup melelahkan. Marina, Alumni angkatan 2021 mengungkapkan kesannya, “Acara sangat seru dan mengedukasi, serta para pembicara juga sangat memotivasi”, ujarnya.

Sedangkan Taufik dari Alumni angkatan 2020 menyampaikan “Keren, Luar Biasa Gatcha 2023. Mengumpulkan para alumni dari angkatan yang berbeda-beda dan membuat para alumni angkatan muda semakin mengenal satu dengan yang lain. Semoga kedepannya angkatan muda dari IKPM Sidoarjo semakin solid.”

Dengan diadakannya acara tersebut, para alumni diharapkan bisa menjalin ukhuwah yang baik sesama alumni Gontor. Selain itu, para alumni Angkatan Muda juga diharapkan bisa semangat untuk lebih berani terjun langsung dan berkiprah ditengah masyarakat luas dengan kemampuan skill yang telah dimiliki dan diasah.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan do’a untuk kesuksesan acara ini. Harapannya semoga para alumni Gontor IKPM Sidoarjo dapat berkiprah untuk melanjutkan estafet perjuangan ini, serta dapat menyalurkan ilmu, pengalaman, dan pendidikan yang telah didapat dalam berbagai lini aspek kehidupan di masyarakat. Acara kali ini juga menjadi batu loncatan untuk mempersiapkan acara IKPM Sidoarjo selanjutnya yang lebih baik lagi kedepannya, terkhusus Acara kaderisasi angkatan muda selanjutnya.

(Artikel: Amalina Indraswari, Editor: Rozaq Akbar)
IKPM SIDOARJO

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.