Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Membaca Raport, Nasehat Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor dalam Reuni Akbar Alumni Gontor Putri Tahun 1995.

Tanggal:

Bagikan:

Gontor-Alumni Gontor Putri tahun 1995 menggelar Reuni Akbar di Kantor Pusat IKPM Gontor (27/12). “Berjumpa, Bercerita, Berbagi Rasa dan Sukses Bersama” menjadi moto pada reuni ini.

Mempererat Ukhuwah Islamiyah antar alumni menjadi tujuan sekaligus momen berharga para alumni untuk bersilaturahim ke Pondok Modern Darussalam Gontor dan mengenang kembali masa-masa mondok.

Membaca raport, kalimat ini menjadi nasehat Bapak Pimpinan kepada para alumni pada reuni ini. Perkembangan di luar sangat luar biasa, perkembangan pemikiran yang merusak seperti sekularisme, liberalisme dan pragmatisme harus berhati-hati. Oleh karena itu kita harus berpegang teguh kepada Iman, Islam dan Ihsan. Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor ada dimana saja, hal ini perlu dicatat, dulu mendapat apa dan sekarang menjadi apa. Penyakit saat ini adalah sekularisme, liberalisme dan pragmatisme, maka iman, islam dan ihsan kita diuji. Paling tidak menjadi orang baik merupakan hal yang bagus.

Jangan merasa kultural, ketika sudah mencapai tingkatan keilmuan, maka jangan anggap orang lain tidak berkembang atau statis, pondok inipun berkembang, nasehat KH. Amal Fathullah Zarkasyi dalam reuni akbar alumni Gontor Putri.

Kalimat “Nge-charge, nyetrum”, datang ke Gontor agar menjadi lebih semangat lagi memperjuangkan nama Gontor merupakan kalimat yang kurang tepat, “Membaca Raport” merupakan istilah yang dipakai. Kita dididik untuk bekerja keras, berusaha. Datang melihat raport mu dengan membawa cermin yang banyak, “المؤمن مرآة أخيه المؤمن”.

Dunia itu berputar, yang diatas akan berada dibawah, dan yang dibawah akan berada diatas, yang menolong akan ditolong, dan yang ditolong akan menolong orang lain. “Gontor menjadi seperti ini, itu karena doa para santri, bukan karena pak Hasan, pak Sahal, pak Zarkasyi”, kata Ustadz Zarkasyi. Ke Gontor apa yang kau cari? Ini merupakan kalimat yang digunakan ketika datang ke Pondok, Ke Gontor apa yang kau dapat? Kalimat yang digunakan ketika berada di Pondok, Ke Gontor apa yang kau beri? Kalimat yang digunakan ketika menjadi alumni, nasehat KH. Hasan Abdullah Sahal dalam reuni akbar alumni Gontor Putri.

Penulis: Aryyo Widagdho, Notulen: Zidan Fadlullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.