Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Kunjungan IKPM Cabang Madinah, Guna Mempererat Tali Silaturahim

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – PP IKPM menerima kunjungan silaturrahim dari IKPM Cabang Madinah di Kantor Pusat IKPM, Sabtu (06/08). Kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturahim dengan PP IKPM Gontor dan juga sembari meminta pesan nasehat dari Bapak Pimpinan PMDG, Direktur KMI, dan beberapa guru senior.

Kunjungan ini disambut hangat oleh PP IKPM yang hadir antara lain adalah Al Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd., Ketua Umum PP IKPM, Al Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag., Ketua I PP IKPM dan Al Ustadz Fawwaz Ahmad Zarkasyi, Lc., M.A.

Al Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd. menyampaikan sambutannya kepada IKPM Cabang Madinah. Dalam sambutannya beliau mengucapkan rasa syukur dan mengajak untuk selalu bersyukur. Tak hanya itu beliau juga menyampaikan nasehatnya kepada IKPM Cabang Madinah agar memperbanyak shalawat dan juga menegaskan konsep WTC (Waktu, Tempat, Cara) dalam menjalankan kegiatan.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Al Ustadz Fawwaz Ahmad Zarkasyi, Lc., M.A. Beliau berpesan kepada IKPM Gontor Cabang Madinah agar terus menjalin silaturahim dalam mengunjungi pondok, jangan sampai ada alumni yang belajar di luar negeri merasa lebih pintar daripada pondoknya. Karena kita dapat belajar di Luar Negeri karena jasa-jasa guru kita di Pondok. Akan ada ShockCulture Ilmu pengetahuan saat menimba ilmu di Madinah, dan jangan berfikir bahwa menuntut ilmu di Madinah adalah final. Namun masih banyak lagi ilmu-ilmu pengetahuan yang perlu kita cari lagi, ucap beliau.

Beliau menambahkan agar IKPM Gontor cabang Madinah untuk senantiasa menggunakan kesempatan di Madinah untuk berkomunikasi dengan teman-teman non-Indonesia, agar kita dapat mengetahui kabar-kabar keadaan Islam di berbagai negara.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh perwakilan pengurus IKPM Gontor Cabang Madinah. Beliau menginformasikan bahwa saat ini terdapat 2 perguruan tinggi di Madinah yaitu, Universitas Islam dan Universitas Tayyibah. Dan tidak hanya itu IKPM Cabang Madinah juga menyampaikan bahwa bahwa IKPM Cabang Madinah untuk saat ini beranggota 69 orang, yang terdiri dari 67 orang mahasiswa dan 2 orang pekerja. Adapun yang melanjutkan sekolahnya di jenjang S2 berjumlah 12 orang dan S3 sebanyak 4 orang. Mahasiswa yang belum berangkat ke Madinah adalah 15 orang dari angkatan 2015, 2016 dan 2017.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Al Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag., selaku Ketua I PP IKPM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa perguruan tinggi Madinah itu antik, antik karena sistem yang berbeda dengan perguruan tinggi Al Azhar, dll. Dan beliau juga menyampaikan bahwa permasalahan Aqidah perlu ditinjau ulang dari yang telah dipelajari di Gontor, yaitu “Jiwa Kebebasan”. Aqidah itu lentur “dalam hal-hal yang Mukhtalaf”. Dan di akhir sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebagai sebuah organisasi itu intinya mengatur. Mengatur waktu, mengatur diri, dll. Dan sebagai organisasi IKPM, maka kita harus kembali lagi kepada nilai-nilai PMDG. Kita harus dapat membina dan membimbing sesuai dengan AD/ART IKPM.

Aryyo Widagdho

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.