Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Zoom Meeting PP IKPM bersama IKPM Cabang “Napak Tilas Perjalanan Pimpinan Pondok dalam mendirikan IKPM”

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) mengadakan kegiatan rapat dengan judul “Napak Tilas Perjalanan Pimpinan Pondok dalam mendirikan IKPM di Yogyakarta”, yang dilaksanakan secara virtual pada hari Jum’at, 5 Agustus 2022.

Tujuan acara ini merupakan bagian dari agenda menyongsong acara 100 tahun Pondok Modern Gontor. Acara ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum PP IKPM Gontor, Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd., dan juga segenap perwakilan IKPM Cabang yang akan dilewati dalam acara Napak Tilas Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM). Selaku Ketua Umum PP IKPM, Ustadz Noor Syahid, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyampaikan gagasan ataupun ide dari apa yang akan dikerjakan.

AL-Ustadz Noor Syahid memberi arahan tentang pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Napak Tilas adalah kegiatan berupa pawai atau mobilling yang dilakukan oleh K.H. Imam Zarkasyi yang mana beliau menghadiri kegiatan Musyawarah Umat Islam di Yogyakarta. KH Imam Zarkasyi pada kesempatan itu, bertemu dengan 6 (enam) orang peserta lain dari Kalimantan, yang dipimpin oleh H. Idham Cholid, alumni Gontor. Dari hal ini lahirlah ide untuk mendirikan organisasi untuk menghimpun kegiatan para alumni yang akhirnya pada tanggal 17 Desember 1949 sepakat didirikannya Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM). Pada perkembangannya, KH Imam Zarkasyi mengingatkan bahwasannya IKPM banyak berfungsi untuk menjadi pagar guna menjaga nilai-nilai di Pondok Modern Darussalam. Di samping itu IKPM harus menjadi perekat umat.

Lebih lanjut, al-Ustadz Noor Syahid menegaskan bahwa salah satu upaya IKPM dalam persiapan menuju acara 100 Tahun Gontor ialah menerbitkan 100 produk unggulan FORBIS dan melengkapi daftar Pondok Alumni, sebagaimana cita-cita pendiri pondok mendirikan 1000 gontor di Indonesia.

Zidan dan Aryyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.