Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Latih Mitigasi Kebencanaan, IKPM Lombok Bentuk Karakter Santri

Tanggal:

Bagikan:

Lombok Barat — Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menghadiri penutupan sekaligus mengukuhkan peserta pelatihan mitigasi bencana di Madani Super Camp Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada, di Dusun Lebah Suren, Desa Sedau Kecamatan Narmada, Ahad (7/3/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh IKPM Gontor Cabang Lombok Disaster Management (ILDM) dengan dukungan dari TAGANA NTB. Kegiatan 3 hari ini diikuti oleh 117 santri yang merupakan utusan dari 16 pondok pesantren se-Pulau Lombok.

Dalam sambutan penutupan kemah Pelatihan Mitigasi Kebencanaan ini, Fauzan Khalid mengatakan pelatihan mitigasi bencana ini sangat penting karena mendorong peranan dalam pembentukan karakter.

Selain itu, ia juga menyebutkan di beberapa tempat di Lombok Barat, NTB, Indonesia bahkan dunia, banyak terjadi bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung sehingga mengelola bencana itu sangat penting terutama konteks dalam mempersiapkan diri, konteks mitigasinya, dan serta tanggap daruratnya.

“Termasuk bagaimana membantu masyarakat dan mengelola bantuan-bantuan untuk diberikan kepada masyarakat yang terdampak langsung,” kata bupati yang didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Camat Narmada, Kapolsek setempat.

Oleh karena itu, ia menekankan pada mitigasi bagaimana sejak awal sudah siap, siap dalam konteks mencegah bencana.

Bencana di luar gempa, katanya, banyak diakibatkan oleh perbuatan manusia itu sendiri. Untuk itu, lanjutnya, kesadaran itu penting, menanamkan kemampuan mulai dari santri karena efeknya sangat luar biasa.

“Kepedulian kita dengan sesama sudah mulai berkurang dan di beberapa tempat sudah mulai terkikis. Saya berharap adik-adik jadi pelopor, kita harus peduli dan merasakan apa yang dirasakan masyarakat kita, jangan saling menyalahkan,” pesannya. 

“Mari kita bergerak dengan nilai-nilai kemanusiaan untuk sesama makhuk Allah SWT,” lanjutnya mengajak.

Sementara itu, TGH Khairi Habibullah menyebut pelatihan ini untuk membentuk generasi yang siap dan selalu menyiapkan diri  khususnya dalam menghadapi bencana-bencana.

Karena menurut Pimpinan Ponpes Nurul Haramain Putra tersebut, kesiapan menghadapi bencana tidak bisa timbul begitu saja, namun harus ada pelatihan dan cara-cara penanggulangannya. Dengan demikian kita bisa hindari banyak korban.

Khairi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati yang menyempatkan hadir, para pelatih dan Dinas Sosial yang telah mempercayakan IKPM Gontor Cabang Lombok dan Ponpes Haramain sebagai tempat pelatihan mitigasi bencana.

“Terima kasih atas kepercayaan Madani Super Camp sebagai tempat pelatihan mitigasi untuk generasi yang akan datang. Mereka pejuang-pejuang di masa depan kita,” cetus Khairi. (Sadzali)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.