Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Rajut Ukhuwwah, IKPM Gontor Cabang Batam Adakan Tajammu’ Akbar Lintas Marhalah

Tanggal:

Bagikan:

Batam — IKPM Gontor Cabang Batam kembali bergerak dan menggerakkan para alumni Gontor di kota Batam dengan mengadakan sebuah acara besar yang dinamakan Tajammu’ Akbar IKPM Batam 2020 di Pantai Melayu Batam, Ahad (20/12/2020).

Acara yang mengumpulkan seluruh anggota IKPM Batam ini mendapat sambutan hangat dari para alumni Gontor yang berdomisili di kota Batam mulai dari yang senior sampai kepada yang junior.

Tajammu’ Akbar merupakan salah satu program kerja IKPM Batam di mana dalam pelaksanaannya ketua umum IKPM Batam menunjuk beberapa alumni untuk menjadi panitia dalam acara tersebut.

Ustadz Bambang (G 2009) dan Ustadz Rizki Marabangun (G 2015) yang diamanahi sebagai ketua panitia telah membentuk kepanitiaan yang diambil dari para penggerak Marhalah 2016-2019. Kesuksesan jalannya acara ini tidak terlepas dari jerih payah mereka semua.

Acara diawali dengan sambutan ketua umum IKPM Batam Ustadz Syamsul Effendi, S.Pd.I, M.A. yang mengapresiasi anggota IKPM Batam yang bisa hadir karena tidak mudah mengumpulkan alumni Gontor sebanyak ini dengan kesibukan masing-masing.

Ustadz Syamsul juga berharap semoga ukhuwwah di antara anggota IKPM Batam tetap terjalin walaupun berbeda marhalah karena sejatinya anggota IKPM itu adalah satu, berasal dari ibu yang sama yaitu Gontor.

Beliau juga menyampaikan bahwa Tajammu’ Akbar ini akan dilaksanakan setiap tahun bi idznillah.

Acara lalu dilanjutkan dengan hikayah nostalgia dari dua alumni senior yaitu Ustadz Edy Syahputra Sihombing, S.Pd.I (G 1999) dan Ustadz Taten Rustandi, M.Pd.I.

Ustadz Edy berbagi cerita bagaimana beliau dulu masuk ke Gontor tanpa ditemani oleh orang tua, sampai kepada cerita bagaimana beliau masuk ke dalam kamar Bagian Keamanan Gontor yang membuat para hadirin tersenyum dan tertawa mendengarnya.

Ustadz Taten juga berbagi pesan dari (alm.) K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi di mana beliau berpesan supaya santri Gontor harus berprestasi per lima tahun, artinya setelah lulus Gontor apa yang sudah dihasilkan dalam setiap 5 tahun? Sampai pada umur 40 tahun, maka di situlah kita tahu siapa diri kita, jati diri kita yang sesungguhnya. Pesan ini tak ayal membakar semangat anggota IKPM Batam untuk menjadi lebih baik lagi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan perlombaan antarmarhalah, dari mulai lomba tarik tambang, Joget tomat dan lain-lain. Perlombaan dipisah antara alumni putra dan putri.

Kemudian dilanjutkan dengan acara bebas. Berhubung acara dilaksanakan di Pantai Melayu Batam Rempang Galang (Barelang), maka para alumni berenang di pantai dan bermain Banana Boot. Penutupan acara dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB.

Kain bersulam pengantin baru
Untuk bersanding di siang hari
IKPM Batam maju bersatu
Membangun Batam dan juga Kepri

Datang ke Batam singgah di Nagoya
Lanjut jalan ke Singapura
Tegakkan Islam dimanapun berada
Dari gontor menyapa Dunia
(Iqbal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.