Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Kaji Hadits dan Fiqh, IKPM Gontor Cabang Eks. Karesidenan Pati Gelar Sinau Rebo Malem Kemis (SIROLEMIS)

Tanggal:

Bagikan:

Pati – Sinau Rebo Malem Kemis (SIROLEMIS) adalah kajian rutin 2 mingguan yang diikuti oleh alumni Gontor domisili Pati dan sekitarnya serta non alumni. Dalam Kajian ini akan dipelajari 2 kitab masyhur: Tarikh Tasyri’ Islami karangan Syekh Khudhary Beik yang membahas sejarah penetapan hukum-hukum Islam dan Sharh Arbain Nawawi Jawahir Lu’lu’iyyah karangan Imam Al-Jurdany yang menjelaskan 40 hadits Al-Nawawi.

Pembicara dalam SIROLEMIS ini adalah Ustadz Muhammad Rifqi Arriza Lc., M.A., alumni Gontor angkatan tahun 2003 yang lulus magister di Kairo, Mesir.

Hingga pekan ini, kajian sudah berlangsung sebanyak 3 kali. Kajian digelar satu kali dalam 2 minggu pada hari Rabu pukul 19.30-21.00 WIB bertempat di Masjid Dar El Khoer Tambaharjo, Pati.

Para peserta yang ingin mengikuti acara ini wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di antaranya mencuci tangan sebelum memasuki masjid, menggunakan masker, dan selalu menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.

“Dalam pelaksanaannya, kami masih menemukan beberapa kendala seperti masih sedikitnya peserta yang mengikuti kajian dan terbatasnya fasilitas streaming untuk para peserta yang belum dapat hadir di tempat,” ujar Ustadz H. Kamal Al Hafidz selaku Ketua IKPM Gontor Cabang Eks. Karesidenan Pati.

“Kami harus tetap mengambil hal positif di balik itu semua. Kami dapat mengamalkan thalabul ‘ilmi faridhatun ‘ala kulli muslimin dan uthlubil ‘ilma minal mahdi ilal lahdi (menuntut ilmu adalah kewajiban atas setiap muslim dan carilah ilmu dari buaian sampai liang lahad),” lanjut beliau.

Ke depannya Ustadz Kamal berharap SIROLEMIS dapat berkembang lebih baik, lebih menguatkan tali silaturrahim dan bermanfaat untuk semua peserta untuk ber-tafaqquh fiddin (mendalami ilmu agama). (Maraghi Abdul Musthofa/Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.