Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Bahas Fiqh Yaumiyyah, IKPM Gontor Cabang Eks. Karesidenan Pati Gelar Kajian Bulanan

Tanggal:

Bagikan:

Jepara – IKPM Gontor Cabang Eks. Karesidenan Pati sukses menyelenggarakan kajian bulanan rutin. Kajian digelar dua kali pada setiap hari Ahad pekan kedua dan keempat di setiap bulannya. Kajian dihelat di Basecamp Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Jepara yang terletak di Yayasan Chamim Abdul Rosyid. Kajian ini membedah kitab “Al Yaqut An Nafis” karangan Sayyid Ahmad bin Umar As-Syathiri yang membahas fiqh yaumiyyah yang masih banyak orang ragu dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari-hari.

Kajian ini diampu oleh Ustadz H. M. Nisfullail Lc., M.A., alumni Gontor tahun 2005 serta lulusan S2 Madinah. Sedangkan para peserta meliputi para alumni Gontor maupun non alumni yang berdomisili di Jepara dan sekitarnya. Kajian ini tidak memungut biaya sepeserpun kepada para pesertanya. Semua biaya ditanggung oleh IKPM Gontor Cabang Eks Karesidenan Pati.

Dalam pelaksanaannya, kajian tidak luput dari protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Para peserta yang hadir bertatap muka di tempat kajian dibatasi hingga separuh kapasitasnya. Adapun yang belum mendapatkan tempat atau menghajatkan dirinya mengikuti kajian dari rumah dapat diakses secara daring melalui fanpage resmi IKPM Gontor Eks Karesidenan Pati.

“Alhamdulillah ini sudah ketiga kalinya kami mengadakan kajian bulanan,” tutur Ustadz H. Kamal ketika diwawancarai oleh staf PP IKPM via WhatsApp.

Terlaksananya kajian rutin ini tidak lain adalah untuk mempererat tali silaturrahim juga thalabul ‘ilmi. Karena banyak dari para alumni Gontor yang hidup di tengah-tengah masyarakat mendapatkan berbagai pertanyaan perihal hukum-hukum fiqh dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, para peserta dapat menjawab semua ini dengan jawaban yang mudah difahami sesuai dalil yang ada.

“Kami selaku pengurus IKPM Gontor Cabang Eks. Karesidenan Pati merasa senang dan sudah menganggap semua yang hadir dalam kajian seperti keluarga sendiri. Begitupun para peserta, memiliki kesan yang baik kepada kami,” Ustadz Kamal mengakhiri penjelasannya. (Maraghi Abdul Musthofa/Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.