Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

PP IKPM Gelar Halal bi Halal dan Rapat Koordinasi dengan Pendamping Bimago

Tanggal:

Bagikan:

Ponorogo — Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor mengadakan halal bi halal dan rapat koordinasi dengan para pendamping calon pelajar dari IKPM Cabang dan bimbingan belajar di Masjid Jami’ Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 2, Madusari, Ponorogo, Senin (22/6/2020). Hadir seluruh pengurus PP IKPM, Wakil Pengasuh PMDG Kampus 2 Ustadz H. Muhammad Hudaya, Lc., M.Ag., dan 226 pendamping bimbingan masuk Gontor (bimago).

Dalam sambutannya Ustadz H. Muhammad Hudaya mengucapkan selamat datang kepada seluruh pendamping di PMDG Kampus 2 dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan permohonan maaf atas kekurangan dalam fasilitas dan lain-lain. Beliau menegaskan bahwa Gontor akan selalu mematuhi Protokol Covid 19 dalam penerimaan calon pelajar tahun ini. “Kami sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat penerimaan calon pelajar,” jelas beliau.

Ketua Umum PP IKPM, Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag. juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendamping bimago yang telah membantu dalam proses birokrasi dan negoisasi dalam perpulangan santri dan capel ke pondok. Proses ini juga menunjukkan bagaimana ukhuwwah para alumni yang sesungguhnya.

Dalam kesempatan ini, Ustadz Ismail juga menekankan pentingnya sinergi antara IKPM cabang dan musyrif konsulat dalam menyukseskan perpulangan santri ke pondok. Beliau mengingatkan bahwa ini juga merupakan salah satu tanggung jawab IKPM karena di dalam AD/ART IKPM, disebutkan bahwa IKPM ikut bertanggung jawab terhadap kelangsungan PMDG.

Beliau melanjutkan, yang paling penting untuk meningkatkan organisasi IKPM adalah seluruh anggota IKPM harus memahami pedoman-pedoman organisasi yang termaktub dalam AD/ART IKPM agar bisa menyamakan persepsi terhadap apa yang dihadapi bersama.

Ketua I PP IKPM, Ustadz Dr. H. Adib Fuadi Nuriz, M.A., dalam sambutannya, mengingatkan para pendamping bimago untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antara bimago-bimago. Karena itu para pendamping bimago agar merujuk ke SOP Bimago yang telah disusun oleh PP IKPM. Tidak boleh ada kepentingan pribadi yang diatasnamakan Gontor, lanjut beliau. Bimago harus struktural di bawah naungan IKPM.

Menurut Ustadz Adib, bimago dibentuk atas dasar keterpanggilan untuk membantu pondok, bukan untuk mencari keuntungan. Karena itu, bimago jangan sampai membebani wali calon pelajar. Beliau juga mengajak untuk menjadikan tahun ini sebagai momen kumpul bersama. “Kalau bukan IKPM, siapa yang akan memperjuangkan pondok di masyarakat,” jelas beliau.

Ustadz Adib juga mengingatkan, kalau sudah sampai di pondok, maka bimago harus sam’an wa tha’atan dengan segala disiplin dan sistem yang berlaku di pondok. Terakhir, beliau berharap pengembangan bimago, kegiatan-kegiatan alumni, yang tidak hanya mengurusi calon pelajar, tapi masyarakat yang lebih luas.

Acara halal bi halal ini kemudian dilanjutkan dengan forum tanya jawab, doa dan diakhiri dengan sesi perfotoan bersama. (Khaydar/Mujib Abdurrahman)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.