Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

IKPM Gontor Cabang Ponorogo Gelar Konsolidasi di Wisma IKPM Gontor

Tanggal:

Bagikan:

Ponorogo — IKPM Gontor Cabang Ponorogo menggelar musyawarah konsolidasi bersama Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor di Aula Wisma IKPM Gontor, Ponorogo, Jum’at (17/1/2020). Hadir dalam musyawarah Ketum PP IKPM Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, Ketua IKPM Ponorogo (Selatan) Ustadz H. Isma’il, Ketua IKPM Ponorogo (Utara) Ustadz Drs. H. Hariyanto, M.Ag., pengurus PP IKPM, senior dan pengurus IKPM Ponorogo.

Dalam sambutannya, Ketum PP IKPM, Ustadz Isma’il Abdullah menyampaikan perkembangan IKPM dengan kegiatan-kegiatannya baik yang koordinir oleh IKPM Pusat, IKPM cabang maupun forum-forum resmi di bawah naungan IKPM.

“Setelah terbentuknya Forum Komunikasi Takmir Masjid Darussalam (FKTMD), kami adakan pelatihan-pelatihan; fiqih qurban, perawatan jenazah, tahsin qira’ah, imamah, mawarits; dan ternyata mereka (masyarakat) sangat tertarik. Kami berharap supaya gerakan seperti ini dilakukan di cabang-cabang. Dan selanjutnya kami akan menyerahkan (kegiatan-kegiatan ini) ke IKPM Ponorogo, bukan ditangani oleh Pusat,” kata beliau.

Ketua IKPM Ponorogo (Utara), Ustadz Hariyanto, dalam sambutannya, menceritakan sejarah terbaginya IKPM Ponorogo menjadi utara dan selatan. “Sekitar akhir Mei/awal April 1998 kita dikumpulkan di ISID lalu di Wisda oleh Kiai Abdullah Syukri dan ketika itu Ketua PP IKPM Ustadz Akrim. Dari Kiai Abdullah Syukri, diputuskan bahwa IKPM Ponorogo supaya dipisah menjadi dua, yaitu utara dan selatan. Karena itu sifatnya keputusan dari atas, kita tentu sami’na wa atha’na,” jelas beliau.

Kegiatan IKPM Ponorogo yang sudah dilaksanakan, lanjut beliau, di antaranya adalah pengajian Ahad pagi di Tonatan, bimbingan belajar masuk Gontor, halal bi halal IKPM Ponorogo setiap tanggal 3 Syawwal dan baksos.

Sementara Ketua IKPM Ponorogo (Selatan), Ustadz Ismail, menyampaikan usaha-usaha beliau dalam pembangunan masjid-masjid di Ponorogo seperti di Slahung, Sooko dan Pulung. Dalam hal ini, beliau melaksanakan instruksi KH Abdullah Syukri Zarkasyi, “Wes ngene ae, kuwi saiki tandangono Ponorogo.” (sudah begini saja, kamu sekarang mengurusi Ponorogo). Dalam membantu masjid-masjid tersebut, Ustadz Ismail selalu mengatakan bahwa beliau diutus oleh Gontor.

Salah satu keputusan penting yang disepakati dalam musyawarah konsolidasi ini adalah silaturrahim kepada Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor guna melaporkan hasil musyawarah konsolidasi IKPM Ponorogo dan pelaksanaan musyawarah cabang (muscab) beberapa minggu ke depan. (Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.