Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

PP IKPM-FKTMD Gelar Pelatihan Fikih Kurban Jilid 2

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, GONTOR — Setelah sukses dengan pelatihan pertama, PP IKPM bekerja sama dengan Forum Komunikasi Takmir Masjid Darussalam (FKTMD) kembali menggelar Pelatihan Fikih Qurban Jilid 2 (Training of Trainer). Pelatihan ini dilaksanakan di Hall Kantor Pusat IKPM Gontor, Ponorogo (19/8). Sebanyak 130 anggota takmir masjid se-Ponorogo mengikuti kegiatan ini. Sejumlah guru senior utusan dari PMDG Kampus 2, Kampus 3, Kampus Putri dan UNIDA juga mengikuti TOT Fikih dan Penyembelihan Kurban ini.

Ketua Panitia, Ustadz H. Suwito Jemari, menyampaikan visi dan misi Bidang Pendidikan dan Dakwah PP IKPM yang membidani kegiatan ini. “Dengan mengadakan acara ini, kita berusaha untuk meningkatkan amal ibadah kita. Bidang Pendidikan dan Dakwah PP IKPM selalu berusaha untuk meningkatkan sumber daya masyarakat sekitar Pondok termasuk di dalamnya tentang kualitas pemahaman fikih kurban. Dengan dukungan dan sinergi dengan FKTMD, semoga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Ustadz Suwito.

Sementara itu, Ketua FKTMD, Ustadz Najmuddin, S.Pd. dalam sambutannya, menekankan pentingnya pelaksanaan pelatihan kurban ini. “Masyarakat masih banyak yang bertanya tentang fikih kurban ini; seperti tentang jenis kelamin hewan kurban, apakah jantan atau betina; juga tentang teknik penyembelihan, apakah boleh hewannya disuntik bius; dan lain sebagainya,” paparnya.

Dalam sambutan yang terakhir, Ketum PP IKPM Ustadz H. Ismail Abdullah menyampaikan, penyembelihan hewan yang islami adalah penyembelihan hewan yang paling aman. “Pelatihan fikih kurban kali ini pesertanya berbeda dari yang tahun lalu. Kita sudah dua kali mengadakan pelatihan fikih kurban. Menyembelih hewan kurban tidak sekedar menyembelih, namun kita harus tahu sisi syar’i-nya. Penelitian di Barat membuktikan bahwa penyembelihan islami adalah penyembelihan yang paling aman. Sakit yang dirasakan hewan adalah 0%. Maka kita sebagai orang Islam seharusnya mempelajari ilmu penyembelihan kurban sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Saw. ini dengan lebih baik lagi,” jelas beliau.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para juru sembelih di masjid-masjid sekitar Pondok bisa mengetahui fikih kurban dan teknik penyembelihan yang islami dan praktis. Berbeda dari sebelumnya, materi yang disampaikan dalam pelatihan ini akan lebih mendalam, yakni dengan uraian tentang fikih kurban dan praktek penyembelihan hewan kurban secara langsung. Dan akan diusahakan pemberian sertifikat Juleha (Juru Sembelih Halal).

Dr. H. Mulyono Jamal menjadi narasumber dalam Materi I Fikih Kurban, sementara Ustadz Antok Listiyono menjadi narasumber dalam Materi II Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban.

Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.