Jumat, 26 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Zoom Meeting PP IKPM bersama IKPM Cabang “Napak Tilas Perjalanan Pimpinan Pondok dalam mendirikan IKPM”

Tanggal:

Bagikan:

Gontor – Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) mengadakan kegiatan rapat dengan judul “Napak Tilas Perjalanan Pimpinan Pondok dalam mendirikan IKPM di Yogyakarta”, yang dilaksanakan secara virtual pada hari Jum’at, 5 Agustus 2022.

Tujuan acara ini merupakan bagian dari agenda menyongsong acara 100 tahun Pondok Modern Gontor. Acara ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum PP IKPM Gontor, Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd., dan juga segenap perwakilan IKPM Cabang yang akan dilewati dalam acara Napak Tilas Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM). Selaku Ketua Umum PP IKPM, Ustadz Noor Syahid, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyampaikan gagasan ataupun ide dari apa yang akan dikerjakan.

AL-Ustadz Noor Syahid memberi arahan tentang pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Napak Tilas adalah kegiatan berupa pawai atau mobilling yang dilakukan oleh K.H. Imam Zarkasyi yang mana beliau menghadiri kegiatan Musyawarah Umat Islam di Yogyakarta. KH Imam Zarkasyi pada kesempatan itu, bertemu dengan 6 (enam) orang peserta lain dari Kalimantan, yang dipimpin oleh H. Idham Cholid, alumni Gontor. Dari hal ini lahirlah ide untuk mendirikan organisasi untuk menghimpun kegiatan para alumni yang akhirnya pada tanggal 17 Desember 1949 sepakat didirikannya Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM). Pada perkembangannya, KH Imam Zarkasyi mengingatkan bahwasannya IKPM banyak berfungsi untuk menjadi pagar guna menjaga nilai-nilai di Pondok Modern Darussalam. Di samping itu IKPM harus menjadi perekat umat.

Lebih lanjut, al-Ustadz Noor Syahid menegaskan bahwa salah satu upaya IKPM dalam persiapan menuju acara 100 Tahun Gontor ialah menerbitkan 100 produk unggulan FORBIS dan melengkapi daftar Pondok Alumni, sebagaimana cita-cita pendiri pondok mendirikan 1000 gontor di Indonesia.

Zidan dan Aryyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FMA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.