Kamis, 25 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Lantik Jiilut Tis’iinaat, Kiai Hasan: Jadilah Orang yang Bermanfaat untuk Masyarakat

Tanggal:

Bagikan:

Oleh: Akbar Zainudin

Jakarta — Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (PP IKPM) secara resmi mengukuhkan dan melantik pengurus Forum Jiilut Tis’iinaat, forum gabungan alumni Gontor angkatan 90an yang terdiri dari 11 angkatan mulai dari angkatan 1990 sampai dengan angkatan 1999 akhir. Dengan demikian, secara resmi Forum Jiilut Tis’iinaat dikukuhkan sebagai organisasi di bawah PP IKPM.

Akbar Zainudin, Alumni Gontor angkatan 1991, yang dilantik sebagai Presiden Forum Jiilut Tis’iinat dalam sambutannya mengatakan bahwa forum ini adalah untuk memaksimalkan potensi dan sumberdaya anggota secara maksimal.

“Forum ini juga didirikan sebagai sarana silaturrahim, networking, sharing, dan menyebarkan informasi dari Pondok Modern Gontor dan IKPM-IKPM,” ujarnya (7/3/2021).

Sebagai organisasi baru, menurut Akbar, program kerja yang dilakukan adalah menyusun AD/ART organisasi, membuat database anggota, dan berbagai program pemberdayaan untuk anggota.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Umum PP IKPM, Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo mengarahkan, Forum Jiilut Tis’iinaat ini lahir dari IKPM, semua anggotanya juga anggota IKPM, karena itulah AD/ART organisasi tidak boleh menyimpang dari AD/ART IKPM. Karena itulah, pengurus Forum Jiilut Tis’iinaat harus membaca AD/ART IKPM sebelum membentuk AD/ART organisasi.

Ustadz Ismail juga berpesan agar terjalin koordinasi dengan IKPM setempat, baik di dalam maupun luar negeri pada saat mengadakan acara. “Forum Jiilut Tis’iinaat harus mampu menguatkan organisasi induknya, yaitu IKPM,” jelasnya.

Acara lalu dilanjutkan dengan taujihat wal irsyadat dari Pimpinan Pondok Modern Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal. Kiai Hasan mengibaratkan dirinya seperti seorang kakek yang sedang bercerita dengan cucunya. Kakek itu senang bercerita, tapi akan lebih senang lagi kalau yang diajak cerita itu mau mendengarkan, mengerti, mau mengerti, cocok dan bisa mengimbangi. Dan alumni Gontor generasi tahun 1990-an adalah orang yang bisa mengimbangi cerita kakek ini.

Gontor itu “tarbiyah lil-hayah”, pendidikan untuk kehidupan. Inilah saatnya, kata Kiai Hasan, anak-anak Gontor terus mengamalkan ajaran-ajaran Pondok di masyarakat. “Gontor telah memberikan anyaman, dan juga telah menganyam diri kalian. Gabungan dari anyaman Gontor dan anyaman diri kalian itulah yang mewujud dalam diri kalian sekarang ini,” ujarnya.

“Anyamlah diri kalian untuk menjadi orang-orang yang bermanfaat, bukan hanya untuk diri kalian, tetapi untuk masyarakat,” tambahnya.

Menurut Kiai Hasan, Gontor tidak hanya diajarkan “ta’limul muta’allim”, bagaimana seorang santri menghargai ilmu dan gurunya, tetapi juga “ta’limul mu’allim”, bagaimana alumni Gontor mampu mentransfer nilai-nilai Gontor kepada masyarakat. Yakni untuk menjadi “mundzirul qaum”, penyeru, pengingat kebaikan dari masyarakat.

“Ukurlah dirimu, sesuai kemampuanmu, sesuai kapasitasmu. ‘Halakam ru’un man lam yandzur wajhahu fil mir’ah, halakam ru’un man lam ya’rif qadrahu’. Celakalah orang-orang yang tidak tahu kapasitas dirinya sendiri,” jelas Kiai Hasan.

Menurut Kiai Hasan, alumni Gontor harus menjadi dirinya sendiri, dan percaya dengan kemampuanmu. “Jangan jadi orang yang rendah diri, dan jangan pula jadi orang yang GR (Gede Rumongso). Kalau kamu jadi orang yang GR (Gede Rumongso), maka kamu akan menjadi RG (Rai Gedek),” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan doa dan ramah tamah antara Kiai Hasan dengan hadirin dari berbagai angkatan. Kebetulan, anak beliau, almarhum K.H. Haikal Januarsyah, adalah anggota dari Forum Jiilut Tis’iinaat, karena lulus pada tahun 1998.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FPA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.