Jumat, 29 Maret, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Forbis Adakan Acara Belah Duren dan Berbagi Peluang Bisnis

Tanggal:

Bagikan:

Subang — Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor mengadakan sebuah acara tajammuk santai yang dikemas dalam acara belah duren langsung di kebunnya, sembari sharing peluang bisnis bersama para pakar dan praktisi bisnis Forbis, Sabtu (11/1/2020). Dari Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor, Ustadz Dr. H. M. Adib Fuadi Nuriz, MA. (Ketua I) dan Ustadz M. Sabar, S.Ag. (Bidang Ekonomi) berkesempatan hadir dalam acara sharing bisnis ini. Sementara dari Forbis, Ustadz H. Agus Maulana (Ketum), Ustadz H. Muhammad Faiq (Pembina), Ustadz Daud Suwarno, dan anggota Forbis yang lain ikut berpartisipasi dalam acara yang dilaksanakan di Kebun Durian Ustadz Suwarno, Sagalaherang, Subang ini.

Ustadz Agus Maulana menekankan bahwa acara ini merupakan follow up sinergi antarpengusaha alumni. “Ke depan, kita bikin kegiatan yang lain. Kegiatan ini bisa kita copy di daerah yang lain,” ujarnya.

Ustadz Agus juga menyebutkan program baru Forbis yaitu qardhul hasan. “Kita gagas, kita wujudkan hari ini salah satu kegiatan Forbis, program qardhul hasan, prinsipnya membantu yang lain untuk mengajukan pembiayaan usaha,” ungkapnya.

Bedanya, lanjut Ustadz Agus, kalau usahanya gagal, uangnya tidak dijadikan hutang. “Kita dorong yang kecil bukan yang sudah besar. Bukan cuma dikasih duitnya, tapi harus dikawal. Kita ingin memberi pembinaan bukan sekedar uangnya saja. Intinya, saya mau Forbis itu saling menguatkan bukan saling memanfaatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua I PP IKPM, Ustadz Adib Fuadi menyampaikan fungsi IKPM sebagai pengawal kiprah para alumni Gontor. “Fungsi kami mengawal bagaimana alumni itu tidak lupa dengan almamater Gontor, dan merekatkan alumni dan bahkan umat. Besarnya Gontor karena alumni yang sukses. Salah satu cara kami membina dan mengawal alumni adalah dengan membentuk Forbis,” jelasnya.

Ustadz Adib juga berharap program-program Forbis semakin mempererat silaturrahim dan sinergi bisnis antarpengusaha alumni Gontor. “Bagaimana Forbis mempunyai program yang banyak, sehingga bisa membuat sesama alumni mengenal usaha-usaha yang dilakukannya masing-masing. Harapannya, kegiatan seperti ini menjadi kegiatan utama yang bisa menghimpun semua pengusaha, sharing, dan bisa saling menguatkan,” kata beliau.

Acara tajammuk bisnis ini bertujuan untuk mensosialisasikan konsep atau ide bisnis antarpengusaha alumni Gontor. Setiap peserta yang hadir bisa menyampaikan konsep bisnisnya dalam forum diskusi bebas.

Mengenai qardhul hasan, itu adalah program pendanaan untuk pebisnis pemula atau bagi mereka yg ingin merintis suatu usaha. Tetapi untuk mendapatkan dana tersebut perlu adanya seleksi, tidak asal-asalan dalam memilih siapa yang akan diberikan dana bantuan. Apabila usaha tersebut gagal, maka peminjam dana tidak dikenai hutang alias dana pinjaman tidak dijadikan hutang. Maka yang bertanggungjawab dalam hal ini adalah pemberi dana. (Khaydar/Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Silaturrahim dan Konsolidasi PP IKPM Gontor dengan PC IKPM...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor melaksanakan kegiatan rutin untuk menjalin dan memperkuat silaturahim...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia 100 Tahun, Pimpinan PMDG Gelar...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya yang telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Tak sedikit pula dari alumni Gontor yang...

Suksesnya Pengajian Ahad Wage PC IKPM Ponorogo Membuka Pintu...

Ponorogo, PP IKPM Gontor - Pengajian Ahad Wage yang diadakan oleh PC IKPM Ponorogo pada hari Ahad, 24 Desember 2023, di Masjid Jannatul Firdaus,...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.