Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pesantren Weekend Sigor IKPM Surabaya

Tanggal:

Bagikan:

Simulasi Gontor (SIGOR), merupakan salah satu POKJA IKPM Cabang Surabaya yang didirikan oleh Al-Ustadz M.Arif Solihin G-2008 dkk pada tahun 2016, atau di tahun ketiga sejak diadakannya Bimbingan Tes (BIMTES) masuk Gontor pada tahun 2014.

Rangkaian kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dikelolah secara Profesional ini, Alhamdulillah, pada tahun 2021 lalu mampu membina 368 Capel dengan kelulusan sebanyak 98%.

Pembelajaran yang diadakan setiap hari ahad pagi hingga sore ini, terbagi menjadi 8 zona dengan pembinaan maksimal dari PJ, wali kelas, asatidz dan pengawas dari Alumni Senior, mampu memberikan sentuhan dan nilai nilai kesantrian dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Ketua Sigor IKPM Surabaya Dr. H. Hamissyafaq. Lc. MA, menjelaskan: Sejak awal covid di indoesia pada bulan maret 2020, Sigor menambah program barunya yaitu Sigor Daily di Zona Sunan Ampel, dengan membuka pembelajaran setiap hari sejak pukul 08.00-15.00 WIB. Dimana seluruh anak didik memulai kegiatannya dengan zoom sekolahnya masing masing di zona 1, lalu mengerjakan tugas sekolahnya dengan bimbingan asatidz Sigor IKPM Surabaya, setelah itu baru kita isi dengan materi Al-Qur’an, Tajwid, Imla’ dan Berhitung. Kegiatan ini semuanya Gratis dengan fasilitas AC dan Wifi untuk zoom anak anak dengan sekolahnya.

Andrey Syams G-2010, selaku Ketua IKPM Surabaya mengatakan: Sigor IKPM Surabaya tahun ini menambah satu program pembelajaran yaitu Pesantren Weekend, dimana setiap Hari Jum’at sabtu dan Ahad, peserta Sigor nyantri selama tiga hari di Zona Ampel dan Waru, khusus belajar Al-Qur’an, Tajwid dan Imla’.

Pada hari ahad pagi kita uji secara lisan dan tulis, lalu ahad siang kita adakan yudisium, adapun 3 nilai terendah wajib ikut Takmili di Pesantren Weekend lagi pada minggu depannya secara Gratis, begitu seterusnya.

Andey menambahnkan, setiap anak akan merasakan nyantri sebulan sekali, secara bergiliran, kecuali yang Takmili, maka dia harus ikut kembali minggu depannya.

Cak Hamis, selaku ketua Sigor menargetkan tahun ini Harus lulus 100%, maka pesantren weekend ini kita harapka dapat memaksimalkan kelulusan seluruh capel, untuk itu kita kelola secara profesional, mulai dari Kiyai nya yang zona Putra dipimpin oleh Gus Gery G-2017 dan Gus Zafri-2020, adapun zona putri oleh Ning Jihan GP-2017 dan Ning Nanda GP-2020. Kami hanya mewajibkan biaya makan saja selama 3 hari, adapun oprasional secara keseluruhan ditanggung oleh kas IKPM Cabang Surabaya.


Munif Farid Attamimi
Sunan Ampel Surabaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.