Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pererat Ukhuwah, IKPM Sudan Latih Anggotanya Berkuda

Tanggal:

Bagikan:

Sudan — Dalam rangka mempererat ukhuwah islamiyyah antaranggota, Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Sudan mengadakan kegiatan berkuda bagi anggota putra IKPM Sudan di Maidan Furusyiah, Khurtum Utara, Sudan, Sabtu (13/2/2021).

Setiap peserta yang hadir dianjurkan untuk membawa 200 pounds untuk biaya latihan ini. Kegiatan dimulai pada pukul 8 pagi (waktu Sudan) sampai menjelang Dzuhur.

Dengan menyediakan tiga kuda, para peserta saling bergiliran untuk menaikinya. Setiap kuda diperuntukkan bagi satu kelompok yang terdiri dari 3-4 orang, kemudian diajarkan dasar-dasar latihan berkuda.

Bagian Pendidikan IKPM Sudan selaku penyelenggara kegiatan mengatakan bahwasanya kegiatan berkuda ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan sunnah Rasulullah SAW, yakni anjuran berkuda dan memanah.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah:

كلُّ شيءٍ ليس من ذِكْرِ اللهِ فهو لَهْوٌ أو سَهْوٌ إلا أربعَ خِصَالٍ : مَشْىُ الرجلِ بينَ الغَرَضَيْنِ -المَرْمَى- وتأديبُه فَرَسَهُ ومُلَاعَبَتُهُ أهلَه وتعليمُه السِّبَاحَةَ (أخرجه الطبراني)

“Setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang.” (HR Ath-Thabarani).

Seusai latihan berkuda, segenap anggota IKPM Sudan melanjutkan kegiatan dengan tajammu’ pisang ma’an.“Harapannya setelah diadakannya beberapa rangkaian acara pada hari ini adalah agar anggota IKPM Sudan bisa lebih baik dan berkembang dan terus erat silaturrahimnya,” ujar Ketua IKPM Sudan, Ustadz Dzulfahmi. (Agung Wicaksono)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.