Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

IKPM Surabaya dan Sidoarjo Lantik Pengurus Gradasa

Tanggal:

Bagikan:

Surabaya — IKPM Gontor Cabang Surabaya dan Sidoarjo melantik pengurus Graduates of Darussalam (Gradasa) di Graha SA Management, Ketintang Surabaya (13/1/2021). Gradasa adalah alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang terdaftar pada perguruan tinggi di seluruh wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Acara diawali dengan Musyawarah Besar dan Laporan Pertanggung jawaban Pengurus Gradasa Masa Bakti 2019-2020 dari pkl. 09.00 WIB. Setelahnya, Ketua IKPM Surabaya, Ustadz Muhammad Hadiri, S.E., melantik pengurus baru masa bakti 2020-2021. Turut hadir dalam acara pelantikan Bagian Pendidikan dan Dakwah IKPM Sidoarjo, Ustadz Rozaq Akbar, S.Fil.I.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Hadiri menyampaikan pesan kepada pengurus baru agar mampu mengemban amanah ini dengan tanggung jawab.

“Dalam berorganisasi di manapun kita berada, kita harus jujur, istiqamah dan bertanggung jawab atas apa yang diamanahkan kepada kita,” ujarnya.

“Tidak kalah pentingnya, kebersamaan dan kekompakan dalam berorganisasi. Semuanya bekerja, semuanya berfikir dan semuanya mempunyai hak menyampaikan ide kreatifnya,” imbuhnya.

“Dan jangan lupa, tanamkan nilai-nilai dan adab sopan santun alumni PMDG dan juga transparansi administrasi keuangan secara detail,” tutupnya.

Bagian Pendidikan dan Dakwah IKPM Sidoarjo, Ustadz Rozaq Akbar, S.Fil.I, juga menyampaikan pentingnya jiwa kepemimpinan dalam suatu organisasi.

“Para pengurus agar menerapkan jiwa kepemimpinan di setiap divisi. Memimpin tidak harus jadi ketua, melainkan apapun tugas kita harus kita pimpin amanat tersebut sebaik mungkin,” ujarnya.

“Dan hendaknya misi ukhuwwah tetap menjadi prioritas sehingga kakak-kakak yang sudah selesai masa kepengurusannya diharapkan tetap menjadi bagian dari setiap gerakan Gradasa,” tambahnya.

“Maka dengan mubes ini hendaknya dijadikan sebagai momen muhasabah sesuai surat Al-Hasyr ayat 18: Wal tandzur nafsun maa qaddamat lighad. Setiap individu mengevaluasi apa yang telah berlalu sebagai bekal menyongsong masa depan,” pungkasnya.

Gradasa sendiri telah berdiri semenjak 2016, tepatnya pada hari Jum’at tanggal 27 Dzulhijjah 1437 H yang bertepatan dengan tanggal 30 September 2016 dan berkedudukan di Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Gradasa berperan sebagai media perekat ummat dan uswah hasanah bagi masyarakat dan berfungsi sebagai wadah ukhuwwah alumni PMDG yang berguna bagi agama dan bangsa dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai Gontor.

Secara organisasi, Gradasa berada di bawah kepengurusan IKPM Surabaya dan Sidoarjo.

Kegiatan Gradasa meliputi akademis, seperti kajian rutin atau seminar dengan tema-tema kontemporer yang diisi oleh alumni Gontor yang mahir dalam bidang tersebut dan latihan debat yang dipandu oleh alumni-alumni yang berpengalaman.

Ada juga kegiatan pengabdian sosial, seperti santunan ke panti asuhan dan pengumpulan donasi untuk bencana atau musibah yang menimpa umat Islam.

Selain itu juga ada kegiatan rutin latihan olahraga dan band. Dan ada juga forum-forum kekeluargaan seperti tajammuk dan gathering untuk mempererat tali silaturrahim antarsesama alumni Gontor dan juga merangkul alumni Gontor yang merantau di kota Surabaya dan sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.