Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Peringati Dirgahayu RI, IKPM Gontor Cabang Sulselbar Susur dan Bersih Pantai

Tanggal:

Bagikan:

Kepulauan Selayar, Sulsel — Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Sulselbar bersama Komunitas Renang Mahasiswa Unhas dan Komunitas Gusung Tallasa mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai Pulau Gusung, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/8/2020), dalam rangka menyambut dirgahayu ke-75 Republik Indonesia sekaligus memperingati tahun baru hijriyyah 1 Muharram 1442.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WITA dengan menyisir dermaga pantai sepanjang 5 km.

Prof. Mansyur Nasir sebagai Ketua Komunitas Gusung Tallasa memberi apresiasi yang tinggi atas Gerakan Bersih Pantai ini. Beliau sendiri beserta mahasiswa Komunitas Renang Unhas dan anggota IKPM Sulselbar turun bersama membersihkan dan memungut sampah sepanjang pesisir pantai.

Sampah terkumpul didominasi sampah plastik dan turunannya (botol plastik, sedotan, kresek, dll), sampah kayu dan turunannya (pembungkus rokok, puntung rokok, daun dan batang pohon), sampah kaca serta turunannya (botol dan pecahan kaca) dan terakhir jenis sampah kain berserta turunannya (pakaian, diapers, dll). Ini menunjukkan bahwa persoalan isu mikroplastik itu benar adanya.

Abdul Karim sebagai Ketua Harian IKPM Gontor Cabang Sulselbar mengharapkan kegiatan bersih-bersih sampah ini bukan hanya di pantai saja namun juga di lingkungan sekitar rumah.

“Kita harus peduli untuk membersihkan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat, serta mulai dari sekarang, mari kita menggunakan produk ramah lingkungan agar ekosistem alam tetap terjaga,” tuturnya. (Arief Riwikari/Takdir El Makassari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.