Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pengurus Forbis IKPM Gontor Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Tanggal:

Bagikan:

Gontor — Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor, Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo resmi melantik pengurus Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor Periode 2019-2024 di Aula Kantor Pusat IKPM Gontor, Kamis (19/12/2019). Sebelumnya, para pengurus melaksanakan raker dari siang hingga sore guna merumuskan program kerja lima tahun ke depan.

Pada periode kepengurusan ini, Forbis dipimpin oleh Ustadz H. Agus Maulana (Ketua Umum), Ustadz H. Anas Asrofi (Wakil Ketua Umum), Ustadz H. Munif Farid Tamimi (Ketua I), Ustadz H. Jamaluddin Hariri (Ketua II), Ustadz H. Sefi Khirrijil Yaman (Ketua III) dan Ustadz H. Aruman (Ketua IV).

Ustadz Agus mengingatkan para pengurus untuk selalu menginsyafi nilai-nilai dan spirit kepondokmodernan. “Kita ini kembali diterima menjadi santri Pondok Modern Gontor dengan cara diberikan amanah utk membawa Forbis IKPM Gontor ke arah yang betul-betul diharapkan Pimpinan Pondok dan keluarga besar Pondok. Mudah-mudahan nilai-nilai Pondok, spirit Pondok bisa terus kita jaga dan kita terapkan dalam seluruh aspek kehidupan kita,” kata pengusaha asli Subang ini.

Ustadz Agus juga mengingatkan para pengurus untuk bekerja keras dalam melaksanakan amanah Forbis ke depan. “Mungkin kita ini termasuk assabiqunal awwalun, para perintis dari apa yang dinamakan Forbis. Maka berbahagialah kita semua yang diminta oleh Gontor untuk menjadi bagian assabiqunal awwalun. Kita niatkan dengan segala keikhlasan hati, bondo bahu pikir lek perlu sak nyawane pisan. Mudah-mudahan kita bisa menunaikan amanah ini dan tercatat sebagai orang yang merintis suatu kebaikan yang akan berlanjut sampai nanti dalam kehidupan setelah kita semuanya meninggal, amin ya Rabbal Alamin,” ujarnya.

Ketum PP IKPM, Ustadz Ismail Abdullah menyebutkan sebuah hadis dalam sambutannya, yaitu

إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ إِذَا عَمِلَ أَحَدُكُمْ عَمَلاً أَنْ يُتْقِنَهُ

yang artinya: Sesungguhnya Allah menyukai seorang hamba jika ia melakukan sesuatu pekerjaan maka ia menekuninya.

Itqan di situ memang mengandung banyak hal, satu di situ ada badzlul juhdi, man jadda wajada. Kemudian itqan itu juga menuntut kita untuk benar dalam melangkah, man sara aladdarbi wasala. Kemudian selain itu itqan juga menuntut kita untuk konsisten, untuk konsekuen terhadap apa yang sudah kita tetapkan. Kemudian yang penting lagi untuk itqan itu harus tidak salah niat. Kita harus memasang niat yang benar dari awal. Antum ini termasuk mukhtar, orang-orang yang terpilih. Oleh karena itu antum harus betul-betul menjadi orang yang terpilih, do your best,” pesan beliau.

Sementara Ketua Badan Wakaf Pondok Modern Drs. KH Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed. dalam sambutannya mengingatkan para pengurus Forbis agar tidak lupa untuk mengajar.

“Sejak awal Pak Zar itu sering mengatakan jangan lupa mengajar. Mengajar itu tidak hanya di dalam kelas, di manapun kita berada kita bisa mengajar. Kalau di Forbis ini kita mengajar bisnis, yang islami. Bisnis kita ini harus sesuai dan harus mengikuti tuntunan dan tuntutan agama,” ujar beliau.

Empat kerja yang harus dimiliki, lanjut Kiai Akrim, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ihklas. “Kita sudah dilatih untuk kerja keras. Kerja cerdas, bagaimana kita mengatur pekerjaan. Tuntas itu wajib, innamal a’maalu bikhawatimiha. Kerja ikhlas dengan doa, harus banyak berdoa,” jelas beliau.

Terakhir Kiai Akrim berpesan agar para pengurus Forbis senantiasa berpegang teguh dengan nilai-nilai Pondok. “Walaupun di luar, di Forbis, Panca Jiwa jangan lupa,” tutup beliau.

Raker yang diikuti 30 pengurus Forbis ini dimulai dengan arahan dari Ketum Forbis lalu dilanjutkan dengan sidang komisi per divisi dan diakhiri dengan pengesahan hasil-hasil sidang komisi.

Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.