Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

PP IKPM Lanjutkan Konsolidasi ke Temanggung dan Wonosobo

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, TEMANGGUNG — Pada hari kedua, rombongan PP IKPM yang dipimpin Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. bersilaturrahim di Pondok Pesantren Darul Falah, Candiroto, Temanggung (25/10). Kepala Yayasan Pondok, KH Muhammad Fatah dan KH Amat Sam’ani menyambut kedatangan rombongan.Acara silaturrahim dilaksanakan di dalam ruangan dan dihadiri perwakilan guru dan santri. Dalam sambutannya, KH Muhammad Fatah sangat menghargai nilai dan kualitas para alumni Gontor. “Turah-turahan Gontor, nek diopeni tetep iso dadi wong (‘santri sisa-sisa’ dari Gontor kalau dirawat maka akan jadi orang/tokoh)… Kalau ada jebolan dari sana, bisa dibawa ke sini, in syaa Allah bermanfaat… Nek disana paling buruk, di sini paling baik,” ujarnya.

Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. menyerahkan cinderamata kepada KH Muhammad Fatah.

Sementara Ustadz Rif’at dalam sambutannya berharap Pondok Darul Falah nanti bisa bergabung dengan Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) jika memang memenuhi syarat untuk menjadi anggotanya. Yaitu pimpinannya adalah alumni Gontor. Dalam momen tersebut, beliau juga menjelaskan tiga bentuk pesantren, yaitu salafiyyah (kitab kuning), mu’allimin (dirasah islamiyyah) dan bentuk lain yang ikut sisdiknas pendidikan umum. “Ijazah Mu’allimin disamakan dan diakui dengan MTs dan MA, tanpa mengikuti ujian nasional,” jelas beliau.Selepas silaturrahim di Pondok Darul Falah, PP IKPM melanjutkan kegiatan dengan Pelantikan Pimpinan Cabang IKPM Temanggung Periode 2019-2024 di Pondok Pesantren Hidayatullah, Temanggung. Ketua baru IKPM Temanggung adalah Ustadz Althof. Hadir dalam acara Pimpinan Pondok Hidayatullah, Ustadz Syarif Hidayatullah dan para santri.

Ustadz Althof (baju batik hijau) menerima cinderamata dari Pengurus Bidang Pendidikan dan Dakwah PP IKPM, Ustadz H. Suwito Djemari.

Dalam arahannya, Ustadz Rifat berharap IKPM cabang bisa berkiprah di masyarakat. “Banyak peluang di mana posisi IKPM cabang bermanfaat buat alumni dan masyarakat, sehingga kiprah itu ada… Forum-forum alumni disediakan dan diharapkan muncul di daerah dan menginduk ke pusat. Komunikasi menjadi lancar dengan adanya forum ini, dan menggeliat… Kami menginginkan laporan kegiatan melalui e-mail, whatsapp, dan lain sebagainya,” papar beliau.Pada malam harinya, PP IKPM menuju ke Kota Wonosobo guna melantik PC IKPM Wonosobo, Periode 2019-2024 di Gedung Muhammadiyah, Mojo Tengah, Wonosobo. Ketua IKPM terpilih adalah Ustadz Basuki Zulianto dan sebagai Penasehat IKPM adalah Ustadz Musybihun. Setelah sekian lama tidak melakukan pergantian pengurus, IKPM Wonosobo memanfaatkan momen konsolidasi IKPM guna meremajakan kepengurusannya. Acara pelantikan tersebut dihadiri alumni, IKPM dan siswa MA.Dalam laporannya, Ustadz Basuki menyebutkan banyak alumni yang berkiprah di Wonosobo, PKU Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

Ustadz Basuki Zulianto (baju putih) menerima lampiran SK Pelantikan dari Ustadz H. Suwito Djemari.

Ustadz Rif’at memberikan pengarahan kepada pengurus baru agar segera bergerak dalam menggalang komunikasi dan sinergi dengan anggota IKPM yang lain. “Pergerakan alumni Gontor sangat cepat sekali, maka IKPM harus cepat merespon dalam menanggapinya,” jelasnya.

Rep.: Aghilatul Umuda
Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.