Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Innalillahi, Drs. K.H. Kafrawi Ridwan, M.A. Meninggal Dunia

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, JAKARTA— Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Keluarga besar Gontor kembali berduka. Ketua Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor, Drs. KH Kafrawi Ridwan, M.A., meninggal dunia pada umur 91 tahun, Rabu sore, 6 Rajab 1440 (13/3/2019) pukul 15.50 WIB di Jakarta.

KH Kafrawi Ridwan mempunyai perawakan tinggi besar dan berwibawa. Rambutnya putih semua karena usianya yang sangat uzur. Beliau adalah alumni Pondok Modern Darussalam Gontor periode tahun 40-an.

Selain sebagai Ketua Badan Wakaf, KH Kafrawi Ridwan adalah mantan Dirjen Bimas Islam Departemen Agama (sekarang Kementerian Agama) dan Sekjen MUI. Dalam melaksanakan tugas dan amanat tersebut, beliau selalu memperjuangkan kemajuan Pondok Modern Darussalam Gontor dan pendidikan Islam secara umum.

Meskipun sudah uzur, KH Kafrawi Ridwan dikenal tidak pernah absen ketika menghadiri dan memimpin sidang Badan Wakaf yang terkadang berlanjut hingga larut malam. Sebelum banyak beristirahat di rumah karena usia dan sakitnya, dalam kegiatannya, beliau selalu mengusahakan untuk bersilaturrahim, menjenguk orang sakit atau berziarah kubur walau hanya sebentar.

Nasehat yang sering KH Kafrawi Ridwan sampaikan dalam beberapa kesempatan dalam tahun-tahun akhir aktif beliau kepada para santri adalah, “Seluruh santri agar tetap berpegang teguh pada nilai-nilai dan jiwa pesantren. Tingkatkanlah bahasamu, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, syukur-syukur bisa Bahasa Mandarin,” pesan beliau.

Jenazah almarhum rencananya akan dibawa dari Jakarta ke Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 6 Darul Qiyam Magelang malam ini. Jenazah akan dishalatkan di Masjid Jami’ Gontor Kampus 6 pukul 09.00 WIB pagi selanjutnya dimakamkan di pemakaman keluarga dekat Gontor Kampus 6.

Semoga segala amal baik almarhum diterima Allah dan yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kesanggupan untuk meneruskan perjuangan beliau.

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.