Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Lantik Pengurus Baru IKPM Gontor Cabang Probolinggo, Ustadz Ismail: Para alumni ‎agar menjadi mundzirul qaum

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, PROBOLINGGO — PP IKPM mengadakan kunjungan ke Kota ‎Probolinggo dalam rangka melantik pengurus baru IKPM Gontor Cabang Probolinggo serta ‎mengunjungi beberapa alumninya. Rombongan kali ini terdiri dari Ketua Umum PP IKPM, Ustadz H. ‎Ismail Abdullah Budi Prasetyo, dan Ketua I PP IKPM, Ustadz H. Muhammad Badrun Syahir., M.A.

Rombongan PP IKPM tiba di Sawojajar, Malang, pada pukul 14.00 WIB, Jumat (13/7), untuk menghadiri ‎walimatul ‘ursy salah satu alumni Gontor tahun 2012. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ‎menuju Kota Pasuruan dan bermalam di Hotel Pasuruan.‎

Sabtu paginya, jam 08.30 WIB (14/7), rombongan PP IKPM memulai perjalanan untuk silaturrahim ke tokoh alumni-alumni Gontor yang tinggal di wilayah Probolinggo. Perjalanan pertama menuju Pondok ‎Pesantren Al-Mashduqiyah, Kraksaan, Probolinggo. Tiba di kampus pondok pada pukul 10.30 WIB, PP IKPM disambut langsung oleh KH Mukhlisin, Pimpinan Pondok dan Ketua IKPM Probolinggo.

Pada pukul 14.00 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke kediaman Ustadz Eko (G 95) di Karangpranti, Probolinggo, pemilik perkebunan salak seluas 4 ha dengan jumlah pohon 4000 buah.

Setelahnya, rombongan menuju ke kediaman Ustadz Mukhlas Kholil (G 92) di ‎Klaseman, Probolinggo. Beliau adalah dewan penasihat IKPM Probolinggo yang ‎akan mendirikan pondok tahfidz.

Perjalanan lalu dilanjutkan ke kediaman Ustadz Syauqi, Lc. (G 99), Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khairiyah, Kraksaan, Probolinggo, juga sebagai dewan ‎penasihat IKPM Probolinggo.‎

Baru pada keesokan harinya, Ahad (15/7), diadakan acara pelantikan pengurus baru IKPM Probolinggo di ‎aula gedung Kantor Badan Kesbang, Politik, dan Linmas Pemerintah Kota Probolinggo. Ketua ‎baru yang dilantik adalah Ustadz Imanuddin (G 2002) sebagai Ketua Umum, Ustadz Abdul ‎Adzim (G 2000) sebagai Ketua I dan Ustadz Ahmad Nafi’ Faruqy (G 2010) sebagai Ketua II. ‎Turut hadir dalam acara pelantikan, Wakil Bupati terpilih, Drs. H. A. Timbul Prihanjoko, Wakil ‎Walikota terpilih Probolinggo, Bapak Soufis Subri, Ketua MUI Kota dan Kabupaten Probolinggo, Ketua Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama Kota Probolinggo, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Dalam pelantikan tersebut, Ustadz Imanuddin menyampaikan, pentingnya peran alumni Gontor sebagai pemersatu dan perekat umat. “Para alumni bukan untuk membuat warna baru dan golongan baru, ‎melainkan untuk mempersatukan umat dan golongan-golongan yang ada di dalam ‎masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Ustadz Ismail Abdullah, dalam sambutannya, mengingatkan peran alumni Gontor sebagai mundzirul qaum sebagaimana yang sering dipidatokan KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan PMDG. “Para alumni ‎agar menjadi mundzirul qaum di manapun mereka berada. Alhamdulillah, Gontor selalu berjalan ‎dengan Panca Jiwa. Pondok-pondok alumni agar memperhatikan penerapan dan keberlangsungan Panca Jiwa tersebut,” pesan beliau.

Ustadz Ismail melanjutkan, nilai-nilai Pondok harus terus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan dan perjuangan para alumni. “Alhamdulillah IKPM sekarang sudah punya 105 cabang. IKPM mempunyai kewajiban dan ‎bertanggung jawab untuk meneruskan keberlangsungan hidup Pondok Gontor (atas apa yang ‎telah dicantumkan di Piagam Wakaf) dan lembaga-lembaga pendidikan alumni Gontor. Harapan ‎untuk IKPM cabang adalah agar mampu menerapkan nilai-nilai Pondok dan berkiprah di masyarakat dengan ‎lebih baik lagi. Ingat, ini adalah amanat yang akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak,” tutup ‎beliau.

Galeri Foto Pelantikan IKPM Gontor Cabang Probolinggo:

Rep.: Muhammad Miftahul Falah
Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.