Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Tingkatkan Kualitas Keilmuan Mahasiswa, IKPM Cabang Kairo Selenggarakan Almamater Science Challenges

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, KAIRO — Guna meningkatkan dan mengasah kualitas keilmuan mahasiswa, IKPM Cabang Kairo menyelenggarakan Almamater Science Challenges (ASC) antaralmamater. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Exploring Science Capabity in A Circle of Unity”. Kompetisi diadakan dalam berbagai bidang, yakni pidato Bahasa Arab, khat (kaligrafi), Firqatu al-Mujtahid, dan debat Bahasa Indonesia. Sebanyak 21 almamater mengikuti kegiatan ini dan setiap almamater mengutus 8 orang serta 2 orang pembimbing.

Acara pembukaan berlangsung di Aula Daha KMJ (Kekeluargaan Mahasiswa Jambi) pada Kamis (15/3). Terlihat hadir Bapak Mukhlason Jalaluddin, Lc, MM, dari Atase Politik KBRI Kairo dan, Fathan, selaku Ketua IKPM Kairo. Setelah pembukaan, acara langsung dilanjutkan dengan lomba pidato Bahasa Arab, debat Bahasa Indonesia, khat, dan Firqatu al-Mujtahidin.

IMG-20180318-WA0019

Ketua Panitia ASC 2017, Fakhri, mengatakan, acara tahun lalu hanya menyelenggarakan 2 lomba dan tahun ini menjadi 4 lomba.
“Kendala utama dalam penyelenggaraan acara ini antara lain adalah anggaran serta koordinasi antarpanitia, penyelenggaraan di beberapa tempat yang berbeda, tidak adanya dokumentasi tahun lalu, dan adanya acara seminar di hari penutup kompetisi,” paparnya.

Fakhri menambahkan, anggaran dari pendaftaran saja tidak cukup. Acara ini telah memakan biaya hingga 10 ribu Le.

Pada Jum’at (16/3), dilaksanakan babak final lomba debat dan Firqatu al-Mujtahidin. Kompetisi ditutup pada Sabtu (17/3) yang diisi dengan workshop dan pameran di Aula Masjid Al-Salam. Acara workshop kali ini bertajuk kesehatan dan cakrawala dunia sekaligus pembacaan pemenang lomba-lomba antaralmamater. Acara tersebut mengundang Syekh Dr. Yusri Gaber. Selain itu, acara penutup juga dimeriahkan oleh panitia dengan pameran hasil kaligrafi dari setiap lomba kaligrafi, dan karya tulis masisir berupa buku dan majalah.

Sumber: ikpmkairo com
Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.