Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

IKPM Cabang Kairo Gelar Dialog Interaktif dan Silaturrahim Bersama Pimpinan PMDG

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, KAIRO — Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), KH Hasan Abdullah Sahal hadir dalam acara dialog interaktif bertajuk “Penanggulangan Isu Kontemporer dan Silaturrahim Bersama Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor” yang diselenggarakan oleh IKPM Cabang Kairo di Aula Shalah Kamil, Kairo (27/2). Turut hadir dalam acara Dekan Fakultas Dirasah Islamiyyah Universitas Al-Azhar, Dr. Gad el-Rab Amin Abdul Majid, dan juga Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo, Dr. Usman Syihab.

FB_IMG_1520306623267 FB_IMG_1520307152040

Dalam sambutannya, Kiai Hasan bercerita bahwa banyak perwakilan negara yang datang bertanya tentang cara membangun pondok pesantren dengan sistem pendidikan dan kepemimpinan yang kokoh yang bisa mengatur kehidupan santri dengan jumlah besar di dalam pondok. “Kita bisa mendidik empat ribu santri karena bisa mendidik seribu santri. Kita mampu mendidik seribu santri karena bisa mendidik seratus santri. Kita bisa mendidik 40 santri karena 1, 2, 3, 4 santri yang behasil kita didik dengan penuh keikhlasan dan kegigihan. Ini tidak mudah. Dan sebenarnya bukan hanya sistem yang terpenting, namun keterpanggilanlah yang membuat Pondok terus tegak,” tegas Kiai Hasan.

Beliau melanjutkan pemaparannya tentang penjajahan modern yang menjadi tantangan umat saat ini. “Di tengah berkecamuknya perang, para ulama memang kalah secara fisik, tapi tidak secara mental. Justru karena itulah pesantren berdiri. Perseteruan antara pesantren dan penjajahan tak akan usai bahkan akan terus berlanjut. Saat ini, kita bukan memerangi Belanda, tapi melawan antek-antek Belanda,” jelas beliau.

Kiai Hasan melanjutkan, Pondok bisa terus bertahan karena adanya dua hal; kehidupan dan pergerakan. Agar tetap berjalan, maka perlu adanya kemodernan yang dibangun dari kultur dan struktur untuk membawa Pondok terus dapat berdialog dengan perkembangan zaman. “Karena hidup di zaman ini, maka kalian harus tahu laptop, misalnya, agar mengetahui apa yang terjadi sekarang,” jelasnya.

Nasihat demi nasihat dicurahkan oleh Kiai Hasan kepada anak-anaknya yang sudah lama tak berjumpa. Di akhir, Kiai Hasan mengingatkan bahwa apapun yang terjadi di Indonesia, Gontor akan tetap kokoh dan tegak. “Seperti halnya Gontor, apapun yang terjadi di Mesir, Al-Azhar tetap menjadi tonggak utama dan berjaya,” tutup beliau.

Keharmonisan dari pertemuan ini sangatlah terlihat, mulai dari menyanyikan Hymne Oh Pondokku hingga kegembiraan bersama lewat candaan khas beliau saat sedang berpidato. Acara lalu ditutup dengan perfotoan bersama.

Pada hari itu juga (27/2), Kiai Hasan berkesempatan meresmikan Sekretariat Baru IKPM Kairo di Gami’, Hay Asyir, Madinat Nasr. Rumah yang dirancang sekian lama oleh Panitia Pengadaan Sekretariat Permanen (PPSP) IKPM Cabang Kairo sejak tahun 2006 kini telah diresmikan langsung oleh Bapak Pimpinan.

Sumber: ikpmkairo com
Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.