Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Bangun Ghirah dan Semangat Menjadi Santri, Bimbel Primago Adakan Kegiatan Tour Ke Gontor

Tanggal:

Bagikan:

GONTOR — Untuk mengisi waktu liburan sekolah akhir tahun, Bimbel Primago mengadakan kegiatan Tour di Pondok Modern Darussalam Gontor selama 3 hari (21-25/12). Peserta tour ini terdiri dari 44 putra dan putri calon santri/santriwati, 8 orang tua, dan 5 alumni Gontor selaku pendamping. Para peserta berasal dari berbagai kota dan daerah, seperti Depok, Bogor, Jakarta, Tangerang, Banten, Pandeglang, Purwakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, Blitar, Ngawi, dan Gorontalo. Kegiatan tour ini mendapat sambutan positif dari para calon wali santri terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar ikut.

Di hari pertama (22/12), kegiatan tour dimulai dengan pelatihan memakai sarung ala santri Gontor lalu dilanjutkan dengan mengikuti shalat Maghrib berjamaah di Masjid Jami’ Gontor, berkeliling asrama Aligarh dan Koperasi Pelajar, serta bermalam di Wisma Darussaalam Gontor.

Pada hari kedua (23/12), para peserta berkeliling melihat suasana pembelajaran di kelas yang berlokasi di gedung Yaqdzah, Satelit, Sudan, dan Rabithah. Setelah berkeliling, mereka melanjutkan kunjungan ke Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Madusari Siman, Kampus Unida Gontor, Toko Buku La Tansa, dan dilanjutkan perjalanan menuju Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 dan bermalam di Gontor Putri.

Di hari ketiga (24/12), peserta tour berkunjung ke Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 6 Sawangan Magelang. Suasana yang dingin di kampus membuat para peserta nyaman di lokasi ini. Rombongan disambut oleh perwakilan Bapak Wakil Pengasuh Gontor 6 yang memberikan pengarahan tentang pentingnya untuk tidak salah niat masuk ke Gontor. Setelah itu, rombongan berkeliling melihat suasana lingkungan pondok dan melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Gontor 6.

IMG-20171227-WA0011 IMG-20171227-WA0012 IMG-20171227-WA0014 IMG-20171227-WA0015

Kegiatan tour ini bukan hanya tour biasa, melainkan juga kegiatan edukasi untuk meresapi kehidupan santri dan santriwati, sehingga ketika peserta sudah menjadi santri, mereka lebih siap dan mampu mandiri.

Salah satu wali peserta, Ahmad Mursalim, merasakan betul manfaat dari kegiatan ini. “Kegiatan Tour ini sangat luar biasa. Semula anak saya yang masih ragu untuk ke pesantren, akhirnya mau dan semangat untuk masuk ke Gontor. Terima kasih Bimbel Primago dan tim,” katanya.

Azkiya, salah salah peserta program tour dari MTsN Al-Azhar Syarif, Jakarta, juga ikut merasakan pengaruh besar yang merubah pandangannya ke Pondok. “Pertama kalinya, saya ingin melanjutkan SMA ke Mesir, tapi setelah dari Gontor, saya ingin ke Gontor dulu baru nanti akan ke Al-Azhar Mesir,” ungkapnya.

Inisiator Program Tour ke Gontor, Ustadz Awaluddin Faj (G 2006), menyampaikan, tour ini dilakukan dalam upaya mengenalkan Gontor lebih dekat serta dalam upaya menumbuhkan ghirah dan semangat menjadi santri dan santriwati Gontor. “Besar harapan kami, kegiatan ini bisa terus berkembang dan berinovasi sehingga para calon pelajar lebih mengenal pesantren tujuannya, dan tumbuh kemauan dan semangat menjadi santri,” ujarnya.

Narasumber Berita dan Foto: Ustadz Awaluddin Faj

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.