Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Persiapkan Calon Santri Masuk Gontor, IKPM Cabang Depok Adakan Santri Camp

Tanggal:

Bagikan:

BOGOR – Melalui program bimbingan belajar Arraziin, IKPM Cabang Depok mengadakan acara Santri Camp di Cinangneng, Bogor, selama 3 hari (22-24/12). Diikuti oleh 21 santri yang berasal dari Depok dan sekitarnya, acara dimulai dengan pemberangkatan bersama dari Depok menuju lokasi santri camp.

Acara ini mulanya terlaksana untuk mengisi kekosongan masa liburan sekolah serta  mempersiapkan materi ujian Gontor pada tahun ajaran baru mendatang. Kegiatan ini juga merupakan gambaran bagi para peserta bagaimana kehidupan santri yang sangat padat dimulai dengan qiyamullail hingga tidur malam.

“Kegiatan santri camp meliputi kegiatan pengajaran, pembentukan karakter, pengenalan Gontor, dan pendidikan sosial. Pengajaran diwujudkan dengan program belajar tahsin, tahfidz juz ‘amma, mengenal hukum tajwid, dan belajar dikte Arab (imla’). Pembentukan karakter diwujudkan dengan leadership games, outbond yang melatih kekompakan kelompok, serta pendidikan sosial di mana peserta santri camp bersosialisasi antarsesama dan adanya program pemberian wakaf Qur’an kepada masjid sekitar tempat pelaksanaan,” ujar Fais, salah satu pengajar yang merupakan alumni Gontor 2012.

IMG-20171226-WA0029 IMG-20171226-WA0028

Salah satu wali dari peserta santri camp mengatakan, “Saya sangat bersyukur dengan adanya acara ini, karena waktu liburan anak-anak menjadi bermanfaat dan tidak melulu main game di rumah. Apalagi, setelah acara saya melihat perkembangan anak saya dalam penulisan imla’ semakin cepat dalam memahami kaidah-kaidahnya.”

Acara ditutup dengan pembagian laporan pembelajaran kepada masing-masing calon santri dengan harapan bisa menjadi tolak ukur untuk kesiapan menghadapi ujian masuk di Gontor.

Narasumber Berita dan Foto: Ustadz Iqbal (G 2010)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.