Judul: Strategi Mengajar Aktif, Kreatif, Inovatif
Penulis: Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA (Alumnus Gontor 1976)
Penerbit: Suka Press
Cetakan: Kedua, 2016
Keberhasilan pencapaian sebuah kompetensi atau hasil belajar, salah satu faktor pentingnya, berdasar strategi pembelajaran yang tepat. Semakin tinggi kualitas proses pembelajaran seorang guru atau dosen maka semakin tinggi pula tingkat kualitas kompetisi yang akan dimainkan kelak dalam dunia kerja.
Peningkatan kualitas proses pembelajaran tidak terjadi sekonyong-konyong. Ia berakar dari sebuah perencanaan, kerja keras, kerja tim, dan komitmen. Kualitas proses pembelajaran tidak didasarkan kepada guru atau dosen yang pintar. Hal ini tidak menjamin cara mengajar yang pintar pula. Kepintaran adalah satu pra-syarat untuk menjadi guru atau dosen yang baik. Keahlian guru atau dosen sangat didukung oleh pemanfaatan strategi atau metode pembelajaran.
Kehadiran buku Strategi Mengajar Aktif, Kreatif, Inovatif ini sangat membantu memudahkan pencapaian standar proses perkuliahan SNPT 2014 dan Kurikulum 2013. Buku ini membantu guru atau dosen untuk membiasakan pembelajaran yang berpusat kepada siswa atau mahasiswa, karena ia menyajikan langkah-langkah praktis yang disertai contoh kongkrit sebagaimana yang dialami di dalam kelas. Juga, buku ini bertujuan memperkaya dosen atau guru dengan saran-saran praktis guna pengembangan kompetensi pedagogiknya dengan berbagai refleksi dan kritik, pengalaman, dan konteks baru dalam memfasilitasi proses diskusi dengan siswa atau mahasiswa.
Red.: Mujib Abdurrahman