Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Ustadz Nur Tsalits al-Amin: Seorang imam seharusnya yang aqra’ di antara kalian

Tanggal:

Bagikan:

Wisma Darussalam, Gontor – Ustadz Nur Tsalits al-Amin, M.Pd. adalah pengisi materi Tahsinul Qira’ah di hari kedua dalam Pelatihan Fiqh dan Tahsinul Qira’ah yang diselenggarakan oleh Bagian Dakwah dan Pendidikan PP IKPM. Ia membuka materi dengan menekankan pentingnya seorang imam yang aqra’.

Aqra’ di sini merupakan gabungan dari afshah dan afqah,” papar ustadz lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1999 ini di depan seluruh peserta yang merupakan pengurus takmir masjid se-kabupaten Ponorogo (5/2).

Ia melanjutkan, bahwa afshah merupakan akumulasi dari kebenaran pengucapan makharij al-huruf, penguasaan ahkam tajwid, hapalan surat, dan pemahaman arti ayat. Sementara afqah, menurutnya, adalah sintesa dari akidah yang benar, penerapan syariah, dan pemahaman fikih shalat.

tahsinul qiraah (7) PILIHAN

Ia menekankan, kekurangan para imam atau qari masjid secara umum adalah dalam tiga hal, konsistensi dalam membaca mad thabii, konsistensi dalam membaca ghunnah, dan kesempurnaan pengucapan huruf.

tahsinul qiraah (6) PILIHAN

Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung membaca al-Qur’an dengan metode ayun suara. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, apalagi mereka juga berkesempatan untuk mempraktekkan metode tersebut dengan arahan langsung dari ustadz Al-Amin. (mar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.