Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Bagian Dakwah dan Pendidikan PP IKPM Selenggarakan Pelatihan Fiqh dan Tahsinul Qiraah

Tanggal:

Bagikan:

 

Guna meningkatkan kemampuan para imam dan khatib se-Kabupaten Ponorogo, Bagian Dakwah dan Pendidikan PP IKPM Pondok Modern Darussalam Gontor, Sabtu-Ahad (4-5/2/2017), menyelenggarakan Pelatihan Fiqh (Pengurusan Jenazah, Khutbah dan Imamah) dan Tahsinul Qiraah di Aula Wisma Darussalam. Acara ini mengundang 150 peserta dari 50 masjid dari seluruh daerah di Kabupaten Ponorogo.

Turut hadir dalam pembukaan acara, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Syamsul Hadi Abdan, dan Ketua PP IKPM, Ustadz H. Isma’il Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag. Dalam sambutannya, KH. Syamsul Hadi Abdan, menekankan pentingnya diadakan acara seperti ini. Beliau menilai bahwa posisi para imam dan khatib (takmir masjid) tidak kalah penting dari posisi dan kedudukan seorang menteri sekalipun. Hal ini dikarenakan para imam dan khatib terjun secara langsung dalam mendidik dan membina masyarakat. Terciptanya lingkungan masyarakat yang baik merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pendidikan di samping faktor pendidikan rumah tangga dan sekolah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Koordinator Bagian Dakwah dan Pendidikan PP IKPM, Ustadz Saepul Anwar, S.Ag., berharap acara ini bisa diteruskan dalam bentuk pelatihan-pelatihan yang lain guna menjalin dan menjaga silaturrahmi antara Pondok Modern Darussalam Gontor dan masyarakat. Acara ini sebenarnya adalah tindak lanjut dari acara sebelumnya, Pelatihan Manajemen Masjid dan terbentuknya Forum Komunikasi Takmir Masjid Darussalam di bawah kepengurusan PP IKPM yang diketuai oleh Ustadz Ahmad Najmuddin, S.Pd. Pada perkembangan selanjutnya, diharapkan forum komunikasi ini bergerak secara kontinyu dalam mengajak para imam dan khatib bersama-sama dalam membina masyarakat dan menegakkan syiar-syiar Islam.

Dalam pelatihan ini, Panitia Penyelenggara menghadirkan dua narasumber dari guru senior Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu: Ustadz H. Syarif Abadi, yang akan menyampaikan materi pengurusan jenazah, tata cara imamah dan khutbah; dan Ustadz Nur Tsalits, M.Pd.I., yang akan menyampaikan materi tahsinul qiraah. (mar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.