Kamis, 25 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Perkuat Angkatan Muda, IKPM Gontor Cabang Sidoarjo Adakan Self Development dan Tadabbur Alam

Tanggal:

Bagikan:

Sidoarjo — Puluhan muda-mudi tampak memenuhi pelataran Kantor IKPM Gontor Cabang Sidoarjo di Perum Pondok Mutiara Sidoarjo Sabtu (8/8/2020) pagi.
Mereka adalah Angkatan Muda IKPM Sidoarjo yang diberangkatkan menuju Villa Rumah Emak di Trawas Mojokerto dalam agenda pengembangan diri Self Development dan Tadabbur Alam. 27 peserta terdaftar dalam kegiatan tersebut. Terdiri dari alumni angkatan 2010 sampai 2020.

Dengan menggandeng Tigo Adventure, self development ini bertujuan untuk membangun sinergi sekaligus menggali potensi angkatan muda. Mereka adalah motor dari berbagai kegiatan di IKPM. IKPM Sidoarjo kini tengah menggerakkan Bimago dan Kiriman Barang (KIBAR) untuk santri di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Dikomandoi oleh wakil ketua IKPM Ustadz Ilman Aji Ibrahim, S.Pd.I, peserta tiba di lokasi pukul 09.00 WIB dan langsung mengadakan upacara pembukaan dengan mengibarkan bendera Merah Hijau Putih dan menyanyikan Hymne Oh Pondokku. Tampak beberapa peserta tertunduk dan menghayati lirik lagu hymne.

Menurut pemaparan Coach Andrian sebagai trainer, bukan hanya sinergi antarpeserta yang dibangun di sini, tapi penggalian potensi dan pengetahuan tentang psikologi individu juga dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menyadari karakter pribadi sekaligus karakter rekan juang lainnya sehingga antarpeserta bisa memahami karakter kawannya untuk kemudian bisa mengambil sikap yang sesuai dalam bergaul dengan mengetahui kepribadian kawan kita.

Adapun pendidikan yang diterapkan kepada angkatan muda antara lain mengalahkan mental block, menuntaskan self instalment, memperkuat team engagement, dan menuntaskan perencanaan project ke depan.

Malam harinya peserta berdiskusi santai bersama para pengurus IKPM Sidoarjo. Ketua IKPM Dr. Eko Asmanto, MA memberi pencerahan yang memantik semangat para kader muda tersebut untuk merealisasikan ide-ide besar yang tentu manfaatnya lebih besar untuk ummat. Ia juga memberi support agar angkatan muda bisa bergerak bersama dengan militansi tinggi dibalik segala perbedaan yang ada.

Kegiatan yang berakhir pada Ahad siang (9/9/2020) itu meninggalkan kesan yang mendalam bagi peserta terlebih setelah sekian lama mereka beraktivitas di rumah saja.

Tishar Maghfiratika, alumni KMI tahun 2017, mengaku bahwa setelah kegiatan tersebut, ia merasa lebih mengetahui potensi dirinya dan sadar bagaimana seharusnya bersikap dengan kawan-kawan yang berbeda kepribadiannya sebagai hakikat dari kolaborasi.

Ia juga mengaku lebih mengetahui bahwa dalam berjuang diharamkan menyerah meski berada dalam situasi yang kepepet. Dirinya yang sebelumnya gampang merasa capek akhirnya sadar jika ternyata mempunyai kemampuan ekstra jika berbuat maksimal.

Sebagaimana pembukaan, acara ini ditutup dengan upacara. Ada sesuatu yang terjadi diluar dugaan peserta. Ketua IKPM sebagai inspektur upacara tiba-tiba meminta seluruh angkatan muda dan pegurus IKPM untuk berikrar bersama. Bersumpah untuk selalu mengamalkan nilai-nilai dan falsafah Pondok Modern Darussalam Gontor serta bersedia berjuang dalam wadah IKPM Sidoarjo. Ikrar tersebut terucap dibawah kibaran bendera Pondok Modern Darussalam Gontor. (Rozaq Akbar/Bidang Dakwah dan Pendidikan IKPM Sidoarjo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FPA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.