Jumat, 29 Maret, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

10 Nasehat Utama Kyai Hasan pada Pembukaan MUBES IKPM ke-11

Tanggal:

Bagikan:

Berikut 10 Nasehat Utama Kyai Hasan Abdullah Sahal (yang akrab disapa dengan Kyai Hasan), dalam sambutannya yang sarat dengan nilai pada acara pembukaan Musyawarah Besar (MUBES) Ikatan Keluarga Pondok Moder (IKPM) Gontor, 6 September 2019 di Aula Rabithah, Pondok Modern Darussalam Gontor.

  1. Saya mulai pidato ini dengan hamdalah, sebagaimana Rasulullah SAW memulai khutbah dan pidatonya dengan tahmid, bukan salam. Kemudian tahmid saya ikuti dengan salam. Dan salam yang terbaik adalah salamnya Islam. Tidak ada salam yang lebih sempurna, lebih suci, lebih layak daripada salamnya Islam. Di dalamnya ada ‘salam’, ‘kasih sayang Allah’, dan ‘barakah dari Allah’. Maka “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” tidak sama dengan good morning ataupun salam lainnya.
  2. Jangan salah dalam meletakkan toleransi. Contoh salah dalam toleransi; suatu hari ada penampilan Ludruk, sebuah penampilan seni komedi dengan bahasa Jawa, lalu ada orang yang tidak mengerti bahasa Jawa tertawa. Dia lalu ditanya, “Apakah kamu paham?” dan dia menjawab “Tidak”. “Lalu kenapa tertawa?”, dia menjawab “Toleransi”. Ini model toleransi apa? Ini toleransi tanpa pemahaman.
  3. Berbuat baiklah dan tidak perlu khawatir dengan ucapan orang. Kalau kamu berbuat baik dan kamu bukan maling, tapi ada orang yang mengatakan bahwa kamu maling, pasti orang itu adalah maling.
  4. Jangan sekali-kali meninggalkan identitas. Jangan tinggalkan identitasmu sebagai seorang muslim. Manusia meninggalkan identitas, namanya binatang.
  5. Dunia ini sudah keenakan berselimut. Saatnya dunia bangun. Yaa ayyuhal muddatstsir… Banyak orang yang keenakan karena punya gaji, punya titel, punya jabatan… keenakan berselimut penghormatan, berselimut uang, sehingga takut mengatakan ‘qum’, apalagi mengatakan ‘faandzir’.
  6. Saat ini yang diperlukan adalah kecerdasan nurani, bukan kecerdasan otak lagi. Saat ini perempuan tidak diperbolehkan malu lagi dan laki- laki tidak diperbolehkan bertanggung jawab lagi. Madzhab yang dipakai bukan lagi batiniyyah, tapi bathniyyah.
  7. Pondok pesantren adalah unik, dan Gontor adalah unik dari yang unik. Dan IKPM bukan organisasi ikut-ikutan. IKPM termasuk organisasi pelopor. Maka IKPM juga jangan sekedar ikut-ikutan.
  8. Jangan berhenti untuk amar ma’ruf nahi munkar. Ingatlah perintah Allah dalam Surat Al-Anfaal ayat: 25, “Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya.”
  9. Berbuatlah, sekecil apapun itu. Laa tahqiranna mina-l-ma’ruufi syai’an walaw an talqaa akhaaka biwajhin thalqin
  10. Kyai itu bukan (sekedar) mengatur kehidupan pesantren, tapi mendidik kehidupan pesantren. [Rep: Taufiq Affandi / Ed: Mujib Abdurrahman / Foto: Falah]
Perfotoan bersama setelah acara pembukaan

Lihat juga, Galeri Foto Pembukaan MUBES IKPM ke-11: https://ppikpm.gontor.ac.id/galeri-foto/galeri-foto-acara-pembukaan-mubes-ikpm-ke-11/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Silaturrahim dan Konsolidasi PP IKPM Gontor dengan PC IKPM...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor melaksanakan kegiatan rutin untuk menjalin dan memperkuat silaturahim...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia 100 Tahun, Pimpinan PMDG Gelar...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya yang telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Tak sedikit pula dari alumni Gontor yang...

Suksesnya Pengajian Ahad Wage PC IKPM Ponorogo Membuka Pintu...

Ponorogo, PP IKPM Gontor - Pengajian Ahad Wage yang diadakan oleh PC IKPM Ponorogo pada hari Ahad, 24 Desember 2023, di Masjid Jannatul Firdaus,...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.