Sabtu, 20 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan Kota Dumai

Tanggal:

Bagikan:

Dumai, 14 Juni 2024 – Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai menjadi saksi pelantikan Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (PC IKPM) Dumai. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Walikota Dumai, H. Paisal, SKM., MARS., dan sejumlah pengurus serta alumni Pondok Modern Gontor.

Acara dimulai pukul 20.30 WIB dengan agenda pelantikan pengurus baru PC IKPM Dumai. Acara ini bertujuan untuk memperbaharui kepengurusan dan memastikan kesinambungan organisasi yang memegang peran penting dalam membina silaturrahim dan khidmat kepada masyarakat dan pesantren. Pelantikan ini dilanjutkan dengan sarasehan FPAG wilayah Riau, yang berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.

Di antara hadirin yang hadir, terdapat beberapa tokoh penting seperti Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd., Ketua Umum PP IKPM Gontor; Al-Ustadz Mahbub Al Aziz, S.Ag., Bidang Ekonomi PP IKPM Gontor; Al-Ustadz Assoc. Prof. Dr. Drs. H. Yoyok Suyoto Arief, M. S. I.; Al-Ustadz Nurdiyanto dari PP Modern Cahaya Al-Quran; serta pengurus PP FPAG. Kehadiran mereka menambah kehormatan dan kekhidmatan acara tersebut.

Dalam sambutannya, H. Ramlan Indra Jaya, M.M., ketua baru PC IKPM Dumai, menegaskan bahwa IKPM adalah wadah kekeluargaan yang bertujuan untuk menyambungkan silaturrahim antar alumni Pondok Modern Gontor. “Yang kami lakukan di organisasi ini adalah khidmat kemasyarakatan dan khidmat pesantren,” ujarnya. Beliau juga menjelaskan berbagai kegiatan yang telah dan akan dilakukan, seperti workshop “Man Jadda Wa Jadda” dan program “Bimago”.

Walikota Dumai, H. Paisal, SKM., MARS., dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas terpilihnya ketua baru dan menekankan pentingnya pendidikan dan akhlak. “Kami memiliki program khusus di kota Dumai yaitu anak beradab,” kata H. Paisal. Beliau juga mengapresiasi peran pondok pesantren dan alumni Gontor dalam pemerintahan dan berharap IKPM Dumai dapat menjadi pedoman dalam mengembangkan pondok-pondok pesantren di Dumai.

Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd., Ketua Umum PP IKPM Gontor, dalam pesan dan nasehatnya, menjelaskan bahwa Gontor membekali santri dengan tiga aspek utama: keilmuan, keislaman, dan kemasyarakatan. “Gontor adalah Islam wasatiyyah, di atas dan untuk semua golongan, serta menjadi perekat ummat,” ujarnya. Beliau juga menekankan pentingnya pembelajaran keorganisasian, bahasa internasional (Arab dan Inggris), serta kaderisasi yang diajarkan di Gontor.

Dalam sarasehan yang berlangsung setelah pelantikan, berbagai program dan rencana masa depan dibahas. IKPM Gontor memiliki berbagai forum, seperti FPAG, FMAG, Forbis IKPM Gontor, Forda IKPM Gontor, dan Forkreator IKPM Gontor, yang bertujuan menjadi motivasi dan wadah bagi alumni. Program besar seperti Mubes IKPM Gontor dan Peringatan 100 Tahun Gontor juga menjadi agenda utama ke depan.
H. Noor Syahid juga mengajak PC IKPM Dumai untuk menyusun data tentang Panca Jangka yang ada di wilayah tersebut, serta memegang teguh tagline Gontor, “Almuhafadzotu Ala Alqiyam Wat Tagyiru Ilaal Kamal.”

Acara pelantikan ini diharapkan dapat memperkuat peran alumni Pondok Modern Gontor dalam mengembangkan potensi dan akhlak di Kota Dumai, serta mempererat tali silaturrahim antar anggota IKPM dan masyarakat sekitar.

Reporter: Aryyo Widagdho & M. Idris Ramli A.K.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan Peran Strategis Masjid di Ponorogo

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan ibadah qurban, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (PP IKPM) bekerja...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.