Rabu, 19 Juni, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan Peran Strategis Masjid di Ponorogo

Tanggal:

Bagikan:

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan ibadah qurban, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (PP IKPM) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Ta’mir Masjid Darussalam (FKTMD) menyelenggarakan pelatihan fiqh qurban. Pelatihan yang diadakan pada Ahad, 9 Juni 2024 di Kantor PP IKPM Gontor ini dihadiri oleh para ta’mir masjid se-Kabupaten Ponorogo yang penuh semangat mengikuti rangkaian kegiatan.

Secara historis, masjid memiliki peran penting dalam pembinaan umat, menjadikannya prioritas utama yang dilakukan Rasulullah saw. saat tiba di Madinah. Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah mahdhah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan, kegiatan sosial, dan pemberdayaan umat. Namun, di Indonesia, fungsi masjid sering kali terbatas pada kegiatan ibadah rutin, tanpa diiringi pengelolaan yang mengarah pada maslahat yang lebih luas. Melihat kondisi ini, PP IKPM Gontor bersama FKTMD merasa perlu mengembalikan peran strategis masjid melalui pelatihan seperti ini.

Pelatihan ini menghadirkan dua pemateri utama, yakni Dr. H. Mulyono Jamal, M.A., yang menyampaikan materi teoritis mengenai fiqh qurban, dan Muhammad Antok Listianto, S.E., yang memimpin sesi praktis tentang penyembelihan hewan qurban. Para peserta mendapatkan pengetahuan mendalam tentang tata cara penyembelihan yang sesuai dengan fiqh Islam dan aspek kesehatan.

Sambutan Acara oleh Al-Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag.

Al-Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag., dalam sambutannya menyatakan, “Acara ini diadakan tidak lain merupakan salah satu bukti kepedulian PMDG kepada masyarakat sekitar.” Sambutan ini menegaskan komitmen Pondok Modern Darussalam Gontor dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan agama yang komprehensif.

Penyampaian Materi oleh Dr. H. Mulyono Jamal, M.A.

Dr. H. Mulyono Jamal, M.A. membuka pelatihan dengan menjelaskan pentingnya memahami fiqh qurban secara benar. Sesi praktis yang dipimpin oleh Muhammad Antok Listianto, S.E., memberikan panduan teknis mengenai prosedur penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar, serta sunnah penyembelihan dan siapa saja yang berhak menerima daging qurban.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pengelola masjid dengan pengetahuan mendalam tentang tata cara penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar, menyampaikan sunnah penyembelihan, serta memberikan pemahaman tentang siapa saja yang berhak menerima daging qurban. Pelatihan ini diharapkan menjadi ajang inspiratif bagi para pengelola masjid untuk mengembangkan pengetahuan tentang ibadah qurban, sekaligus membangun silaturrahim demi terjalinnya komunikasi, relasi, dan kerja sama.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme. Peserta mendapatkan pengetahuan kognitif mengenai pentingnya ibadah qurban dan kompetensi dalam pengelolaan penyembelihan hewan qurban. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para ta’mir masjid dapat mengoptimalkan peran masjid dalam berbagai aspek kehidupan umat, terutama dalam pelaksanaan ibadah qurban. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya ilmu, tetapi juga memperkuat tali silaturahmi antara Pondok Modern Darussalam Gontor dan para ta’mir masjid, menjadikan masjid kembali pada peran strategisnya sebagai pusat dakwah dan pemberdayaan umat.

Reporter: Aryyo Widagdho

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Sepatu Bola dan Ijazah Kiai: Pembukaan DGS Annual Match...

Ponorogo, 7 Juni 2024 – Pada hari Jum'at yang cerah, Lapangan Utama Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dipenuhi antusiasme dalam acara pembukaan DGS Annual...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.