Rabu, 24 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Pererat Ukhuwah Dengan Pembimbing Calon Pelajar & IKPM Cabang, PP IKPM Gontor Adakan Halal Bi Halal di Auditorium PMDG Kampus 2

Tanggal:

Bagikan:

Madusari – Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor dan Wakil Pengasuh PMDG Kampus 2 mengadakan kegiatan Halal Bi Halal dengan para pendamping BIMAGO dan IKPM Cabang di Auditorium Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2, Madusari, Ponorogo, Selasa (1/6/2021). Pada kesempatan ini dihadiri oleh Ketua Umum PP IKPM, Ustadz Dr. H. M. Adib Fuadi Nuriz, M.A., M.Phil. besarta seluruh pengurus PP IKPM, Wakil Pengasuh PMDG Kampus 2 Ustadz H. Hudaya, Lc., M.Ag. dan 255 pembimbing BIMAGO/IKPM Cabang.

Ustadz Hudaya dalam sambutannya mengucapkan ahlan wa sahlan dan juga minal aidzin wal faidzin kepada seluruh pembimbing yang hadir. Beliau juga mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya dan meminta maaf atas segala kekurangan fasilitas yang ada. “Pembimbing calon pelajar itu tidak hanya mengajar pelajaran-pelajaran yang akan diujikan, namun juga harus mendidik dan memberikan uswah hasanah” tutur beliau dalam mengingatkan para pembimbing. Beliau menegaskan bahwa datangnya para calon pelajar dan para pembimbing pada tahun ini tentunya tidak terlepas dari protokol kesehatan. Seperti diwajibkannya para calon pelajar untuk menunjukkan surat rapid test antigen dan kewajiban memakai masker disetiap kegiatan di PMDG Kampus 2.

Ustadz Baharuddin Syu’aib, selaku perwakilan dari IKPM Cabang menyampaikan bahwasannya adanya pandemi Covid-19 justru malah membangkitkan rasa bahu-membahu dan saling tolong menolong sehingga dapat meningkatkan Nilai Ukhuwah Islamiyah antara alumni. Beliau juga menyampaikan harapannya agar PP IKPM mengeluarkan Standar Operasional Pelaksanaan (SOP) untuk BIMAGO.

Ketua Umum PP IKPM, Ustadz Adib Fuadi Nuriz menyatakan kesyukuran yang sangat luar biasa atas terjalinnya hubungan yang erat antar para alumni seperti yang terjadi sekarang ini. “Pertemuan Halal Bi Halal ini merupakan pertemuan yang mahal, bukan mahal karena harganya tetapi mahal karena nilai yang terkandung didalamnya” tutur beliau. Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan induk pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Jika kita tidak bisa mempertahankan kesatuan dan kesolidan kita dalam proses belajar mengajar dimasa pandemi ini, maka tidak akan menutup kemungkinan pondok-pondok pesantren yang lain juga akan terkena imbasnya.

Orientasi IKPM Cabang adalah untuk membantu pondok. Pada tahun 1926, Trimurti mengharapkan adanya organisasi alumni Gontor untuk membantu berdirinya pondok dan mengikat alumni-alumninya. Maka mari kita memberikan apa yang dahulu diharapkan oleh Trimurti, membantu berdirinya pondok.

Menurut Ustadz Adib, BIMAGO dibentuk atas dasar keterpanggilan untuk membantu pondok, bukan untuk mencari keuntungan. Karena itu, BIMAGO jangan sampai membebani wali calon pelajar. “Maka dari itu, untuk BIMAGO-BIMAGO yang ada harus kembali kepada nilai kesederhanaan yang sudah diajarkan Pondok” lanjut beliau. “Kalau bukan alumni-alumni yang ada di IKPM, siapa lagi yang akan memperjuangkan pondok di masyarakat,” jelas beliau.

Acara ini kemudian ditutup dengan sesi perfotoan bersama PP IKPM beserta seluruh pembimbing yang hadir. (Agung Wicaksono/Kurnia Rahman Abadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Memahami Arti “Penting dan Kepentingan” dalam Pelantikan Pengurus Baru...

Pangandaran, 21 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), telah diadakan acara pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang...

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.