Senin, 29 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Tanamkan Pendidikan Gontor, IKPM Bogor Adakan Kegiatan Sepekan Menjadi Santri (SEMANTRI)

Tanggal:

Bagikan:

Bogor – IKPM Gontor Cabang Bogor memulai kegiatan Sepekan Menjadi Santri atau disingkat SEMANTRI yang merupakan rangkaian kegiatan dari BIMASGO Bimbingan Masuk Gontor IKPM Bogor di Pondok Pesantren Al-Umm Aswaja, Ciawi, Bogor, Rabu (23/12/2020).

Bimasgo adalah kegiatan bimbingan intensif masuk Gontor yang dilaksanakan guna mempersiapkan kader-kader yang akan melanjutkan studinya ke Gontor. Bimbingan Intensif ini juga bukan yang pertama kali, melainkan kegiatan rutin tahunan yang dimulai sejak kurang lebih empat tahun lalu dan diadakan dua kali setiap tahunnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama enam hari bertepatan dengan liburan sekolah sehingga selain mempersiapkan ujian masuk Gontor, diharapkan adik-adik dapat mengisi waktu liburan yang bermanfaat.

Adapun kegiatan sehari-hari di SEMANTRI dibuat sedemikian rupa seperti kegiatan di Gontor. Hal ini bertujuan agar adik-adik terbiasa hidup di pondok sebelum masuk Gontor selain materi pelajaran yang dipersiapkan untuk ujian masuk Gontor.

Pembukaan acara dihadiri oleh ketua, penasehat, masyayikh IKPM Bogor serta pimpinan pondok Al-Umm Aswaja dan diresmikan oleh KH. Mukhtar Fathullah selaku penasehat IKPM Gontor Cabang Bogor.

Dalam sambutannya Ustadz Asep Rogia (Ketua Umum IKPM Gontor Cabang Bogor), menyampaikan bahwa BIMASGO dan SEMANTRI IKPM Bogor merupakan “Jembatan Amal Salih” bagi siapapun yang terlibat didalamnya.

Di masa pandemi, kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, bahkan IKPM mengundang salah satu dokter yang juga merupakan alumni Gontor untuk mengecek kesehatan setiap peserta sebelum dimulainya kegiatan ini untuk meyakinkan bahwa semua peserta dalam keadaan sehat wal afiat.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan SEMANTRI kali ini sebanyak 37 calon santri yang terdiri dari 26 calon santri putra dan 11 calon santri putri. Tidak hanya anak-anak kelas 6 SD/sederajat dan 3 SMP/sederajat namun ada juga anak-anak kelas 1, 3 dan 5 SD yang mengikuti kegiatan ini.

Adapun harapan dari diadakannya kegiatan ini, anak-anak dapat mempersiapkan lebih matang pelajaran yang akan diujikan untuk masuk Gontor dan dapat merasakan bagaimana kehidupan di pondok agar terbiasa serta menambahkan semangat; sehingga dapat lebih memotivasi para peserta untuk masuk ke Gontor.

In sya Allah, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan mendatang dengan waktu yang lebih panjang dan lebih intensif lagi untuk persiapan ujian masuk ke Gontor.

Harapannya akan lebih banyak lagi peserta yang mengikuti kegiatan ini sehingga kader-kader umat yang berada di Bogor lebih banyak dan kelak akan hidup dan menghidupi serta gerak dan menggerakkan di kota dan kabupaten Bogor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Suasana Kekeluargaan Warnai Halal Bihalal dan Pelantikan PC IKPM...

Kudus, 23 April 2024 – Suasana penuh kehangatan menyelimuti aula PT. Mubarok Food Cipta Delicia, Kudus, pada Selasa malam, dalam acara Halal Bihalal dan...

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FMA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.