Minggu, 21 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

FPAG Adakan Silaturrahim Online bersama Bapak Pimpinan PMDG dan PP IKPM

Tanggal:

Bagikan:

Gontor — Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) mengadakan silaturrahim online yang kali ini dikemas dalam bentuk Halal bi Halal bersama Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) guna mendengarkan tausiah, pesan serta nasehat dari beliau, Senin (8/6/2020). Terlihat dalam layar monitor via aplikasi Zoom, Pimpinan PMDG, KH Hasan Abdullah Sahal, Anggota Badan Wakaf PMDG sekaligus Pembina FPAG, KH Abdullah Said Baharmus, Lc., Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor, Ustadz H. Ismail Abdullah, Ketua Umum FPAG Dr. KH Zulkifli Muhadli, M.M., KH Baihaqi Busri PP Baitul Hikmah Jember (Angkatan Kiai Hasan), Pembina FPAG, Prof. Dr. H. M. Habib Chirzin, Wakil Ketua Umum FPAG, Dr. KH Sofyan Manaf, M.Si. (PP Darunnajah), dan kurang lebih 130 kiai alumni Gontor anggota FPAG. Para pengurus Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor juga mengikuti acara tersebut di ruang sidang Kantor IKPM Pusat.

Acara yang dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal FPAG, KH Anang Rikza Masyhadi, MA, ini dibuka dengan menyanyikan lagu “Hymne Oh Pondokku” secara khusyu dan khidmat.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketum FPAG Dr. KH Zulkifli Muhadi menekankan kewajiban seluruh anggota FPAG untuk menyebarkan dan meneguhkan nilai-nilai Gontor di manapun mereka berada. “Lanaa waajibah fii iqaamati mabaadi’ Gontor al kaamilah asy syaamilah…(kita mempunyai kewajiban untuk menegakkan nilai-nilai Gontor yang sempurna dan komprehensif),” pesan beliau.

Ketum PP IKPM Ustadz H. Ismail Abdullah juga bersepakat dalam hal ini. “Dengan adanya FPAG ini, memungkinkan percepatan penyebaran nilai-nilai yang telah dicanangkan oleh Trimurti,” ujar beliau.

Setelah sambutan Ketum FPAG dan Ketum PP IKPM, KH Hasan Abdullah Sahal berkenan menyampaikan pesan dan nasehatnya kepada seluruh peserta yang mengikuti silaturrahim online ini.

Kiai Hasan menekankan derajat para alumni Gontor bukan cuma hablum minallah (hubungan dengan Allah), hablum minannas (hubungan dengan manusia), dan hablum minal ‘alam (hubungan dengan alam) saja. Lebih dari itu, para alumni Gontor harus sampai ke derajat hablum minal indzar (hubungan dalam kaitan memberi peringatan). Menurut beliau, hablum minallah dan hablum minannas ini tidak bisa dipisahkan. Hablum minallah ini yang menjadi dasar bagi hablum minannas dan hablum minal ‘alam. “Antum ini derajatnya lebih dari orang biasa, tugasnya juga tidak seperti orang biasa, tanggung jawabnya juga tidak seperti orang biasa,” jelas beliau.

Karena itu, Kiai Hasan menekankan, pesantren kita ini pesantren mundzirul qaum (pemberi peringatan bagi umat manusia). Maka jika umat Islam disuruh meninggalkan identitas, meninggalkan keislaman, itu berarti disuruh murtad. “Kita sudah mempunyai sibghah (identitas),” tegas beliau.

Kiai Hasan melanjutkan bahwa pondok pesantren kita ini memiliki tiga unsur yaitu keislaman, keilmuan dan kemasyarakatan. “Jadi bukan hanya keislaman saja, syariat, shalat, tahajjud, puasa senin kamis. Bukan keislaman saja, tapi keislaman, keilmuan, iptek dan kemasyarakatan. Apa yang akan ditemui di masyarakat diajarkan di Gontor. Inilah kemodernan,” jelas beliau.

Kiai Hasan juga menyinggung, pesantren yang tidak anti penjajahan itu palsu. Menuntut ilmu yang benar, lanjut beliau, itu ya di pesantren.

Dalam penghujung pesannya, Kiai Hasan mengingatkan menjadi kiai itu jangan sering meninggalkan pondoknya. “Jangan sampai kamu menjadi kiai keluyuran, pesantren itu jannah (surga), …(maslahat) pondoknya yang paling tinggi,” jelas beliau.

Salah satu anggota Badan Wakaf PMDG KH Abdullah Said Baharmus, Lc. yang mengikuti acara ini juga menyampaikan pesannya kepada FPAG agar memaksimalkan pelaksanaan program kerjanya yang salah satunya adalah meyakinkan pondok-pondok alumni untuk menerapkan sistem pendidikan yang ada di Gontor.

Prof. Dr. H. M. Habib Chirzin, juga menambahkan, nilai-nilai PMDG jika diterapkan di lembaga manapun pasti akan berhasil. “Ihya’ ruuhil ma’had (menghidupakan ruh/nilai-nilai Pondok). Sebab kalau ruuhul ma’had itu benar, semua selesai,” jelas beliau.

Silaturrahim online yang sarat dengan pesan dan kesan yang mendalam dari Kiai Hasan dan para kiai alumni Gontor yang tergabung dalam FPAG ini dimulai pada pukul 08.50 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB. Untuk menyimak video lengkap silaturrahim online FPAG ini, silahkan klik tautan di channel Gontor TV di bawah ini: https://youtu.be/dvEFerG7-aE
(Mujib Abdurrahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.