Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Kerja Sama dengan Dompet Dhuafa, PP IKPM Gelar Pelatihan Mengurus Jenazah

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, GONTOR — PP IKPM Gontor menggelar pelatihan mengurus jenazah di Aula Kantor Pusat IKPM, Gontor (21/4/2019). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Takmir Masjid Darussalam (FKTMD), organisasi kemasyarakatan di bawah Bidang Pendidikan dan Dakwah PP IKPM bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Anton. Hadir kurang lebih 100 peserta dari bapak-bapak takmir masjid dan ibu-ibu majlis taklim wilayah Ponorogo.

Pengurus Bidang Pendidikan dan Dakwah, Ustadz H. Suwito Djemari, mengatakan, pelatihan ini sudah direncanakan sejak 10 bulan yang lalu dan dalam pelaksanaannnya kali ini mendapat dukungan dan bantuan dari Dompet Dhuafa Jawa Timur. “Sebelumnya PP IKPM dan Dompet Dhuafa bekerja sama dalam acara sedekah 1000 pohon dan sekarang dilanjutkan dengan pelatihan mengurus jenazah. In syaa Allah kerja sama ini akan diteruskan dalam kegiatan-kegiatan yang lain ke depan,” jelasnya.

Acara dibuka oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) KH Syamsul Hadi Abdan, yang menekankan pentingnya pelatihan fikih jenazah ini. “Memelihara mayat kelihatannya mudah tapi ternyata tidak mudah. Hukum memelihara jenazah ini adalah fardhu kifayah. Seharusnya semua orang Islam mengerti tentang tata cara pengurusan jenazah. Apalagi kalau jenazahnya perempuan, jangan cuma diserahkan kepada pak modin saja. Semoga ilmu tentang pengurusan jenazah ini bisa dimengerti dan bisa dilaksanakan oleh bapak ibu sekalian,” pesan beliau.

Materi pelatihan fikih jenazah ini meliputi cara memandikan, mengkafani, menyalati dan mnguburkan jenazah. Ustadz H. Syarif Abadi, guru senior di Pondok Modern Darussalam Gontor yang berpengalaman dalam kepengurusan jenazah, menjadi narasumber dalam pelatihan kali ini.

Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.