Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Dompet Dhuafa Jawa Timur dan PP IKPM Gelar Acara Sedekah 1100 Pohon

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, GONTOR – Dompet Dhuafa Jawa Timur bekerja sama dengan PP IKPM mengadakan acara “Sedekah 1100 Pohon; Menanam untuk Masa Depan” di halaman Kantor Pusat IKPM, Gontor, Jumat (1/3/2019). Penyerahan benih 1100 pohon secara simbolis dari Dompet Dhuafa Jawa Timur dilakukan oleh Pimpinan Cabang Bapak Khalid Abdullah kepada Ketum PP IKPM Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo.

Acara ini dihadiri pula Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, Ketua Yayasan PMDG, Ustadz H. Imam Shobari, guru-guru senior, para takmir masjid Ponorogo dan santri-santri PMDG.

Ketum PP IKPM, Ustadz Ismail, dalam sambutannya, menyebutkan, kegiatan ini merupakan kerja sama pertama kali antara Dompet Dhuafa dengan Pondok Modern Darussalam Gontor yang diwakili oleh IKPM.

“Ini merupakan bentuk kerja sama yang pertama kali antara PP IKPM dengan Dompet Dhuafa. Yaitu, penanaman pohon-pohon produktif buah-buahan. Tanah Pondok yang ada di Pule, Trenggalek, in sya Allah akan ditanami pohon Durian Montong. Dan semoga program-program kerja sama yang lain dalam bidang dakwah bisa berjalan dengan baik,” papar Ustadz Ismail.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Bapak Khalid Abdullah, menekankan esensi manfaat dan keberkahan dari program ini.

“Hasilnya, kalaupun kita tidak bisa menikmatinya, anak cucu kita nanti akan menikmatinya. Maka, tagline kita adalah menanam untuk masa depan. Sekarang kita sudah menikmati apa yang ditanam kakek-kakek kita. Kegiatan ini juga tidak ada embel-embel politik apapun,” jelasnya.

Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, mewakili Bapak Pimpinan PMDG, mengapresiasi program kerja sama ini dan menyampaikan terima kasih kepada Dompet Dhuafa.

“Menanam pohon saja pakai istilah sedekah, ini berarti ada nuansa islami. Aktifitas Dompet Dhuafa memang luar biasa, ada pengiriman dai-dai ke luar maupun dalam negeri, terima kasih kepada Dompet Dhuafa. Penanaman pohon itu juga perlu teknologi, bukan hanya lillahi ta’ala, agar tidak ketinggalan. Bagaimana supaya pohon ini bisa produktif, berbuah dan lebih bermanfaat. Nahnu nazra’ liman ba’dana. Nilai-nilai kita dalam hal ini sudah jelas,” jelas Prof. Amal.

Menurut Ketua Panitia, Ustadz H. Suwito Djemari, benih 1100 pohon ini akan disebarluaskan ke Gontor 1, 2, 3, Gontor Putri 1, 2, 3, 5, Unida, Islamic Center dan pondok alumni. Perwakilan dari setiap lembaga hadir dalam acara dan mengambil alokasi bibit yang telah disiapkan yang terdiri dari durian, rambutan, mangga madu, alpukat, jambu jamaika dan kelengkeng. Kerja sama Dompet Dhuafa dengan PP IKPM ini rencananya akan dilanjutkan dalam bentuk penyebaran hewan kurban, pelatihan-pelatihan ekonomi dan dakwah.

Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.